BREAKING NEWS
 

Pergerakan Orang Tembus 126 Juta

Mudik Nataru Aman Dan Lancar

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Jumat, 5 Januari 2024 07:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Gedung Kemenhub, Jakarta, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/HO-BKIP Kemenhub)

 Sebelumnya 
Eks Dirut Angkasa Pura ll ini menegaskan, seluruh lonjakan pergerakan masyarakat di masa libur Nataru dapat diantisipasi dan berjalan dengan selamat, aman, nyaman serta lancar.

Hal itu bisa tercapai berkat koordinasi dan kolaborasi yang baik dari seluruh unsur terkait dari kementerian, lembaga, op­erator transportasi dan jalan tol, media massa dan masyarakat.

Menurut BKS, dengan adanya lonjakan pergerakan, berarti harus merencanakan dan juga mengeksekusi dengan baik un­tuk mengurai kepadatan perger­akan di satu waktu tertentu.

Baca juga : Pecahkan Rekor, Nyanyi Selama 126 Jam 52 Menit

“Alhamdulillah, kami dapat melaksanakannya dengan baik, tentunya tidak lepas dari kerja sama semua,” ucapnya.

Sementara, Wakil Ketua Pem­berdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Trans­portasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno menilai, se­cara umum mudik Nataru tahun ini relatif lancar.

“Sebenarnya volumenya lebih tinggi mudik Lebaran karena ada motor. Nataru ini nggak ada motor untuk jarak jauh, karena kebanyakan untuk jarak pendek,” ujarnya.

Baca juga : Bos PLN: Pasokan Selama Nataru Aman Terkendali

Menurut Djoko, mayoritas masyarakat lebih memilih jalan tol untuk liburan Nataru. Hal ini membuat kemacetan di jalan tol lebih padat ketimbang di jalan non-tol.

“Mungkin karena mereka merasa jalan tol lebih lancer, nyaman, ada rest area, jadinya penuh. Padahal jalan non-tol tak banyak pengemudi. Jadi kalau mereka mau ke jalan non-tol justru lebih lenggang,” kata Djoko.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 5/1/2024 dengan judul Pergerakan Orang Tembus 126 Juta, Mudik Nataru Aman Dan Lancar  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense