Dark/Light Mode

BPTJ Siap Layani 14,81 Juta Warga Mudik Natal Dan Tahun Baru

Selasa, 12 Desember 2023 08:09 WIB
Direktur Angkutan BPTJ Kemenhub Tatan Rustandi mengatakan, jumah pemudik Natal dan Tahun Baru dipredisksi sebanyak 43,92 persen dari total jumlah penduduk Jabodetabek. (Foto; Istimewa)
Direktur Angkutan BPTJ Kemenhub Tatan Rustandi mengatakan, jumah pemudik Natal dan Tahun Baru dipredisksi sebanyak 43,92 persen dari total jumlah penduduk Jabodetabek. (Foto; Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi arus lalu lintas di Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

BPTJ memprediksi pergerakan masyarakat Jabodetabek di Nataru nanti akan mencapai 14,81 juta orang.

Direktur Angkutan BPTJ Kemenhub Tatan Rustandi mengatakan, jumlah tersebut sebanyak 43,92 persen dari total jumlah penduduk Jabodetabek.

Baca juga : Akhirnya Tetapkan Ongkos Haji 94 Juta, Yaqut Kembali ke Jalan yang Benar

BPTJ mencatat Jawa Barat akan menjadi daerah tujuan terbanyak dari Jabodetabek dengan jumlah mencapai 26,39 persen atau 3,91 juta orang.

Adapun, asal daerah terbanyak pelaku perjalanan Jabodetabek, yaitu Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan jumlah 2,39 juta orang atau 16,16 persen.

Menurut Tatan, dari hasil kajian Badan Kebijakan Transportasi dapat kita lihat bahwa tujuan terbanyak, yaitu 3,91 juta pelaku perjalanan Bogor yang paling banyak.

Baca juga : Ini Syarat UMKM Naik Kelas Di Tahun 2045

"Di Jabodetabek persoalannya bukan persoalan antar kota tapi persoalan commuter di wilayah Jabodetabek sehingga kami mewaspadai di daerah-daerah pariwisata," kata Tatan di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

BPTJ juga memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 22, 23, dan 30 Desember 2023. Sedangkan, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 26 Desember 2023, 1 Januari 2024, dan 2 Januari 2024.

Selain itu, BPTJ juga memperkirakan pergerakan pada masa Nataru di Jabodetabek akan didominasi oleh mobil pribadi 33,36 persen atau 4,94 juta kendaraan.

Baca juga : Duh, 3,1 Juta Warga Usia Kerja Di Jakarta Nganggur

Kemudian, rute terbanyak yang dipilih oleh pengguna mobil pribadi Jabodetabek, yakni Tol Trans Jawa dan Tol Jagorawi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.