BREAKING NEWS
 

BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 6 April 2020 11:59 WIB
Tenaga Ahli Bidang Media BNPB, Egy Massadiah (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Bidang Media Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Egy Massadiah meluruskan pemberitaan yang dilansir Shopee Indonesia.

Banyak media massa, terutama media online pada tanggal 2, 3, dan 4 April 2020 memajang berita dengan judul senada: “Perangi Covid-19, Shopee Sumbang 1 Juta Masker”.

“Ini bisa menimbulkan persepsi keliru di masyarakat. Dalam press release pihak Shopee maupun pemberitaan disebutkan, bantuan 1 juta masker itu diserahkan melalui BNPB. Sedangkan, faktanya, per hari ini 6 April 2020 BNPB hanya menerima 50 ribu masker, dan itu kami didistribusikan kepada para pihak yang membutuhkan,” ungkap Egy melalui keterangan tertulis yang diterima RMco.id, Senin (6/4).

Berita itu bersumber dari press release pihak Shopee Indonesia, salah satu platform e-commerce yang cukup dikenal di Indonesia dan Taiwan.

Baca juga : Menteri Tito Terima 10 Ribu Alat Tes Covid-19 dari Dubes Singapura

Dalam rilis Shopee, tertulis :  "Shopee kembali memberikan donasi sebanyak 1 juta masker kepada dokter dan tenaga medis. Bantuan tersebut diserahkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19".

“Berhubung sampai hari ini tidak ada ralat dari pihak Shopee, maka saya berkepentingan untuk membuat pelurusan. Supaya masyarakat mengerti situasi yang sebenarnya. Jangan pula ada persepsi BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 menimbun masker,” papar Egy, yang juga wartawan senior itu.

Adsense

"BNPB hanya menerima 50 ribu masker, bukan satu juta seperti yang dirilis Shopee," tegasnya.

Egy berharap, masyarakat mengetahui duduk soal, seperti yang dilansir pihak Shopee. Bahwa saat ini, 50 ribu masker sudah diterima oleh BNPB. Menurut Shopee, sisanya sebanyak 50 ribu lagi akan dikirim secara berkala oleh Shopee hingga akhir bulan April.

Baca juga : Bank DKI Sumbang APD dan Beri Bantuan Kemanusiaan Rp 190 Juta ke Tenaga Medis

Shopee berjanji akan meluruskan, bahwa dari 1 juta masker yang sedang dalam proses impor, 100 ribu akan didonasikan melalui BNPB. Sebanyak 900 ribu sisanya, akan didistribusikan melalui aplikasi Shopee dengan bentuk subsidi transaksi.

Di sisi lain, Egy mengapresiasi para pihak yang atas kesadaran kolektif, berkenan membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 dengan menyumbang APD, dana, serta bantuan lain yang bermanfaat.

Ia juga memahami jika para pihak yang memberi bantuan itu, punya keinginan diketahui oleh masyarakat luas.

"Yang saya minta, jika merasa harus memberitakan bantuan, maka sampaikan berita dengan data yang benar. Supaya tidak timbul salah persepsi,” tegas Egy.

Baca juga : Wabah Corona Di Italia Mulai Mereda?

Semua pihak, baik korporasi ataupun perorangan, sejatinya sangat diharapkan memberi bantuan, dengan kapasitas yang dimiliki.

“Masyarakat, orang per orang, korporasi sudah sangat membantu penanganan Covid-19 dengan cara tetap tinggal di rumah, berpola hidup sehat, serta mematuhi anjuran pemerintah,” pungkas Egy. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense