BREAKING NEWS
 

Survei PBB, Hasil Survei e-Government Indonesia Naik 19 Peringkat

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 10 Oktober 2020 14:49 WIB

 Sebelumnya 
Selain menilai implementasi SPBE di suatu negara, pada survei kali ini, PBB melalui Department of Economic and Social Affairs juga menilai bagaimana negara-negara anggotanya memanfaatkan teknologi dalam menghadapi pandemi.

Ada beberapa hal yang menjadi highlight untuk Indonesia pada hasil survei yang telah diumumkan pada Jumat, 10 Juli 2020 ini.

Baca juga : Pandemi Berlanjut, Harga Minyak Mentah Indonesia Turun Ke 37,43 Dolar AS Per Barel

Menurut laporan E-Government Survey 2020, meski dihadapkan dengan banyak tantangan, negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia mampu membuat kemajuan menuju transformasi digital.

Salah satu contohnya, Indonesia telah memiliki sistem pencatatan sosial berbasis digital yang berfungsi sebagai pintu gerbang dalam program perlindungan sosial, dengan bantuan langsung tunai dan bantuan darurat yang dikirim langsung ke masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga : Tetap di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 Pindah Latihan Ke Split

Sistem registrasi digital seperti ini memungkinkan transparansi dan akuntabilitas, dalam rangka memastikan perlindungan sosial di suatu negara.

Inisiatif yang dimaksud adalah Standar Pengelolaan Basis Data Terpadu Untuk Program Perlindungan Sosial.

Baca juga : Bima S, Film Animasi Superhero Indonesia Berstandar Internasional

Selain itu, dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, teknologi berbasis artificial intelligence (AI) telah terbukti bermanfaat untuk menyediakan layanan tambahan perawatan kesehatan ketika layanan utama telah melebihi kapasitas.

Di Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menginisiasi rencana aksi cepat untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Tanah Air.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense