BREAKING NEWS
 

Survei PBB, Hasil Survei e-Government Indonesia Naik 19 Peringkat

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 10 Oktober 2020 14:49 WIB

 Sebelumnya 
Melalui sinergi antar-institusi penyelenggara IPTEK dan asosiasi kepakaran, BPPT telah membentuk Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19). Khususnya, dalam pengembangan produk yang terkait dengan Test Kit Covid-19.

TFRIC19 telah merancang produk yang akan dihasilkan dalam waktu dekat yakni Diagnostic Test Kit, yang dibuat berdasarkan strain virus lokal Indonesia.

Baca juga : Pandemi Berlanjut, Harga Minyak Mentah Indonesia Turun Ke 37,43 Dolar AS Per Barel

Pemodelan produk ini memanfaatkan teknologi berbasis AI, untuk memperkuat diagnosis dokter dalam upaya mendeteksi virus Covid-19.

Melihat hasil tersebut, dalam dua tahun terakhir sejak diterbitkannya Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE, atas kerja sama berbagai pihak, Indonesia telah menunjukkan geliat perubahan kearah yang lebih baik.

Baca juga : Tetap di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 Pindah Latihan Ke Split

Namun, Tim Koordinasi SPBE Nasional yang diketuai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), perlu menyusun strategi perbaikan penerapan SPBE.

Salah satu perbaikannya adalah penguatan infrastruktur telekomunikasi, yang menjadi salah satu poin terendah dalam penilaian tersebut.

Baca juga : Bima S, Film Animasi Superhero Indonesia Berstandar Internasional

Selain itu, penguatan aspek tata kelola, layanan, dan sumber daya manusia yang nilainya masih hanya sedikit di atas rata-rata, perlu menjadi perhatian untuk dapat memaksimalkan penerapan SPBE di Indonesia.

Hasil ini tentu saja menjadi kabar yang baik bagi penyelenggaraan SPBE di Indonesia. Diharapkan, seluruh aspek bangsa terus mampu berkomitmen penuh untuk mendukung pemerintahan digital dan pembangunan berkelanjutan, dalam rangka memenangkan persaingan global. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense