BREAKING NEWS
 

KSP: Pemerintah Komitmen Penuhi Hak Kesehatan Dan Hak Ekonomi Publik

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Selasa, 8 Desember 2020 14:05 WIB
Tenaga ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Siti Ruhaini Dzuhayatin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Siti Ruhaini Dzuhayatin memastikan, pemerintah berkomitmen memenuhi hak fundamental publik terkait kesehatan dan ekonomi selama pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Siti dalam Seminar Nasional "Tiga Perempat Abad Indonesia Merdeka, Bagaimana Kepatuhan HAM Di Negara Kita?" yang diselenggarakan melalui teleconference, di Jakarta, Selasa (8/12).

"Pemerintah telah melakukan dua hal simultan. Pertama, kesehatan adalah prioritas. Kedua, ekonomi sebagai hak dasar masyarakat perlu terpenuhi," ujar Siti, seperti dikutip Antara.

Adsense

Baca juga : Muhadjir: Vaksinasi Untuk Lindungi Kesehatan Dan Dorong Produktivitas Ekonomi

Dia menerangkan, yang disampaikan Presiden Jokowi terkait gas dan rem kebijakan selama pandemi merupakan manifestasi menyeimbangkan dua hal yakni kesehatan dan ekonomi yang sama-sama fundamental.

Terkait persoalan ekonomi, Siti mengatakan, Pemerintah telah menggulirkan bantuan sosial (bansos). Meskipun sangat disayangkan terjadi peristiwa korupsi bansos, namun hal itu tidak menyurutkan keberpihakan pemerintah untuk tetap memberikan pemenuhan terhadap hak dasar bagi masyarakat.

Baca juga : Survei BI November, Keyakinan Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Membaik

Dia menambahkan, pemerintah telah memberikan bantuan langsung kepada UMKM agar bisa bergerak di tengah pandemi. Hal itu juga bisa memenuhi hak, terutama hak untuk mendapatkan penghasilan.

"Ini menjadi perhatian Bapak Presiden dan pemerintah. Di satu sisi, kita melakukan upaya menangani pandemi. Di sisi lain, secara paralel hak fundamental, basic needs, tetap terpenuhi. Dan hak mendapatkan penghasilan terus ditingkatkan. Dengan demikian, hak untuk mendapatkan penghasilan yang layak di masa pandemi tetap dapat dicapai masyarakat," ujar dia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense