BREAKING NEWS
 

Bendungan Sindang Heula, Serang Banten Diresmikan

Jokowi: Kita Nggak Mau Tergantung Energi Fosil, Ini Nanti Hydropower

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 4 Maret 2021 15:21 WIB
Tangkapan layar Presiden Jokowi saat menandatangani prasasti penandatanganan Bendungan Sindang Heula, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/1). (Sumber:YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sindang Heula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3) siang. Bendungan yang dibangun pada tahun 2015 ini sudah selesai dibangun,dan siap difungsikan.

"Alhamdulillah, pada hari ini, bendungan Sindang Heula yang dibangun pada 2015 sudah selesai dan siap difungsikan. Bendungan berkapasitas 9,3 juta meter per kubik ini akan meningkatkan produktivitas pertanian, serta memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan Banten," ujar Jokowi dalam sambutan yang ditayangkan secara virtual via kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/2).

Adsense

Baca juga : Jokowi: PPKM Mikro Tak Hambat Ekonomi Indonesia

"Sehingga kita harapkan, bendungan ini dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten, dalam menjamin ketersediaan air yang cukup. Sehingga, kita bisa semakin produktif dan dapat menjaga ketahanan pangan di Banten," imbuhnya.

Bendungan ini juga menyediakan air baku di Kota/Kabupaten Serang, Kota Cilegon hingga 0,8 meter kubik pe detik. Di samping bermanfaat untuk pengendalian banjir, mereduksi banjir 50 meter kubik per detik, dari ancaman meluapnya Sungai Ciujung dan Cidurian yang sering menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya. Selain itu, bendungan ini juga dapat menjadi pembangkit listrik 0,40 mega watt.

Baca juga : Besok, Jokowi Kunjungi Aceh

"Saya harap, potensi ini juga bisa dimanfaatkan juga oleh Provinsi Banten. Kita tak ingin tergantung pada energi fosil. Ini nanti hydropower. Bendungan ini juga dapat dimanfaatkan menjadi konservasi dan pariwisata. Jadi destinasi wisata baru. Saya minta pemerintah daerah dan masyarakat, dapat menjaga bendungan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita," tutur Jokowi, yang kemudian dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsjad juga turut hadir dalam peresmian tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense