BREAKING NEWS
 

Jokowi Dukung Inisiatif P4G Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Senin, 31 Mei 2021 12:40 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong inisiatif P4G (Partnering for Green Growth and Global Goals 2030) untuk melakukan langkah luar biasa dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Inisiatif P4G Partnering for Green Growth and Global Goals 2030 tidak bisa dilakukan dengan ‘business as usual’. Kita harus melakukan dengan cara yang luar biasa. Kemitraan antar pemangku kepentingan adalah kunci untuk memastikan aktivitas perekonomian, produksi, dan konsumsi dilakukan secara berkelanjutan," ujar Jokowi di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (31/5).

Jokowi mengaratakan bahwa ancaman perubahan iklim dan pandemi Covid-19 mengingatkan seluruh negara untuk lebih serius dalam mengembangkan pembangunan yang berkelanjutan, inklusif, dan berketahanan.

Baca juga : DPR Dukung Perbanyak Pembangunan Rusun Berbasis TOD

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat berpidato secara virtual pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) P4G, Partnering for Green Growth and Global Goals 2030, yang digelar di Korea Selatan, Minggu (30/5).

Adsense

Untuk itu, inisiatif P4G 2030 tidak bisa dilakukan dengan biasa-biasa saja, melainkan harus dengan cara yang luar biasa.

Jokowi memandang bahwa langkah-langkah fundamental untuk memastikan tercapainya pembangunan hijau di tataran global harus dilakukan. Pertama, mewujudkan “enabling environment” yang mendorong sinergi antara investasi dan penciptaan lapangan kerja dengan pembangunan hijau.

Baca juga : Pertamina Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Pesantren

Kedua, mendorong inovasi dalam memobilisasi sumber daya pendukung bagi implementasi pertumbuhan hijau.

Jokowi mengatakan ketersediaan dukungan pendanaan dan transfer teknologi merupakan kunci sukses bagi pembangunan hijau, bagi netralitas karbon. Oleh karena itu, lanjutnya, Indonesia terbuka bagi investasi dan transfer teknologi.

Ketiga, Jokowi memandang setiap negara perlu memperkuat kerja sama konkret yang bisa segera efektif dilaksanakan dan bisa berkelanjutan.

Baca juga : Indonesia Vs Oman, Garuda Seimbangkan Bertahan Dan Menyerang

"Saya tegaskan bahwa Indonesia berkomitmen tinggi untuk bersama-sama dunia mewujudkan kehidupan yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan berketahanan," ujar Jokowi. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense