BREAKING NEWS
 

Program BSPS Diklaim Jadi Penggerak Ekonomi Desa

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Jumat, 11 Juni 2021 09:05 WIB
Serah Terima Buku Tabungan Penerima Bantuan Program BSPS di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) terus dimaksimalkan di tengah pandemi Covid-19.

Sebanyak 1.805 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Bandung, awa Barat, menerima dana BSPS dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Total dana yang disalurkan untuk program bedah rumah ini sebesar Rp 20 juta per unit rumah. “Pada tahun  ini Kabupaten Bandung mendapatkan alokasi Program BSPS dari Kementerian PUPR untuk 1.805 RTLH,” ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi, Dadang Rukmana pada acara Serah Terima Buku Tabungan Penerima Bantuan Program BSPS di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/6).

Baca juga : Pemerintah Optimalkan BLT Desa untuk Pulihkan Ekonomi Daerah

Dadang menerangkan, kegiatan serah terima buku tabungan ini sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban  sesuai dengan prinsip akuntabilitas yang melekat pada kegiatan Program BSPS ini. 

Adsense

Dana Program BSPS untuk masing-masing penerima bantuan adalah sebesar Rp 20 juta dengan rincian Rp 17,5 dalam bentuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta dalam bentuk tunai yang diberikan langsung kepada tukang/pekerja bangunan dan proses penyalurannya akan dilaksanakan menjadi dua tahap.

“Pelaksanaan bantuan Program BSPS di Kabupaten Bandung akan dilaksanakan di 29 Kecamatan dan 95 Desa,” terangnya. 

Baca juga : Kaum Muda Harus Jadi Pebisnis Konservasi Energi

Lebih lanjut, Dadang menambahkan, Program BSPS diharapkan dapat menjadi penggerak roda perekonomian pada tingkat desa yang masih dalam masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 dengan cara memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di tingkat desa maupun kecamatan.

Sementara itu, Bupati Bandung, H.M Dadang Supriatna mendukung pelaksanaan Program BSPS bagi masyarakat. 

Hal itu dikarenakan Program BSPS mampu merubah rumah tidak layak huni menjadi tempat tinggal yang nyaman, sehat dan layak huni.

Baca juga : Arsjad Optimistis Keuangan Syariah Jadi Penggerak Pertumbuhan Ekonomi

“Kami terus berupaya menangani RTLH di Kabupaten Bandung. Kami juga menyalurkan dana APBD senilai Rp 8,814 miliar untuk membantu perbaikan rumah masyarakat sebanyak 465 unit. Kami harap dengan Program BSPS ke depan bisa mengurangi jumlah RTLH di Kabupaten Bandung,” harapnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense