BREAKING NEWS
 

Mentan Bersama Wali Kota Bogor Pantau Ketersediaan Hewan Kurban

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : WAHYU SURYANI
Kamis, 15 Juli 2021 17:37 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mengunjungi depo 1.000 sapi kurban di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat. 

Di sana, Syahrul memantau pergerakan jual beli hewan serta memastikan kesehatan dan ketersediaannya untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha 2021.

"Saya bersama Pak Wali (Bima Arya) ngecek persiapan menghadapi Idul Adha. Dan Insya Allah semua bisa berjalan dengan baik karene sampai hari ini harga di lapangan dalam kendali. Kurang lebih seperti apa yang ada masih dalam kondisi yang cukup," ujar Syahrul Kamis (15/7).

Baca juga : Tertunda Maret Lalu, Wali Kota Bogor Bima Arya Akhirnya Divaksin Covid-19

Menurut dia, kesehatan hewan adalah bagian penting karena berkaitan langsung dengan kesehatan manusia. Tidak boleh ada kandungan lain selain unsur protein dan unsur kesehatan lainya yang dapat memperkuat imun tubuh. Terutama di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Saya berharap, kebutuhan protein hewani bisa dipenuhi secara merata untuk meningkatkan daya tahan imun tubuh kita. Ini juga yang menjadi arahan Bapak Presiden (Jokowi) bahwa Idhul Adha tahun ini harus berjalan dengan baik dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan," jelasnya.

Adsense

Secara nasional, kata Syahrul, pihaknya sudah melakukan mapping dan perhitungan matang terkait berapa jumlah hewan kurban yang ada di masyarakat. Sejauh ini, ada sekitar 1,7 juta ekor yang siap dikurbankan.

Baca juga : Mulai Senin, KA Lokal Cuma Boleh Ditumpangi Pekerja Esensial Dan Kritikal

"Insya Allah semua aman dan momen kurban tahun ini berjalan baik," katanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mendukung upaya dan kerja keras jajaran Kementan mengatur kebutuhan dan ketersediaan hari raya Idul Adha 2021.

Dukungan tersebut, kata Bima, telah dituangkan dalam bentuk surat edaran yang wajib dipatuhi oleh semua masyarakat Kota Bogor yang akan berkurban.

Baca juga : Pekan Depan, Nakes Dapat Vaksinasi Booster Pakai Moderna

"Saya kira ada tiga hal yang harus kita pastikan dalam perayaan kurban tahun ini. Pertama, mengenai ketersediaan hewan. Kedua, tata cara penyembelihan dan ketiga mengenai kesehatan. Semuanya sudah tertuang dalam bentuk surat edaran," katanya.

Untuk memastikan proses tersebut berjalan baik, Bima mengaku nantinya dia akan berkeliling ke tiap-tiap Kecamatan. Langkah ini dinilai tepat mengingat banyak hewan kurban yang dipotong di luar RPH yang ada.

"Saya sendiri akan berkeliling dan melihat pembagian daging. Namun tetap dengan Prokes yang ketat," tutupnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense