BREAKING NEWS
 

Kemendagri Berupaya Bangun Kepemimpinan Pejabat Administrator

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Senin, 2 Agustus 2021 20:41 WIB
Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai poros jalannya pemerintahan dan politik dalam negeri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),membutuhkan peran para pejabat administrator untuk meningkatkan pelayanan publik, menegakkan demokrasi, dan menjaga integrasi bangsa di tengah pandemi Covid-19. 

Oleh karena itu, Kemendagri terus berupaya membangunan  kepeminpinan yang kolaboratif dilingkungannya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Muhammad Hudori saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Lingkungan Kemendagri secara virtual, Senin (2/8). 

Baca juga : Cegah Komplikasi Berat Dan Persalinan Prematur, Ibu Hamil Di AS Diminta Segera Vaksin

Kegiatan ini digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri.

Dalam sambutannya, Hudori menjelaskan, kepemimpinan kolaboratif itu dilakukan dengan melibatkan pemangku kebijakan, baik di tingkat pusat maupun daerah dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. 

Adsense

Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dengan kemampuan membaca situasi dan menyesuaikan diri secara cepat. Hasil dari langkah tersebut, dapat dimanfaatkan untuk menyusun perencanaan yang strategis untuk menghadapi berbagai persoalan. 

Baca juga : Kemenag Temui Dubes Saudi, Tanya Kejelasan Soal Umroh

Hal ini dapat dilakukan dengan menggabungkan kemampuan rasio, emosi, dan semangat dalam proses pemecahan masalah

“Oleh karena itu, perkuat posisi dan peran saudara, agar memegang teguh nilai integritas, memiliki kecerdasan dalam menghadapi tantangan dan perubahan lingkungan strategis dan memiliki kepemimpinan yang tangguh dan kolaboratif,” imbau Hudori kepada para peserta PKA.

Seorang pemimpin, kata Hudori, harus memiliki gagasan besar sehingga mampu menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dalam lingkup birokrasi. 

Baca juga : KPK Cecar Bupati Bandung Barat Soal Uang Dari Kontraktor Bansos

Hal ini dilakukan agar dapat memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Kemendagri.

Sementara itu, Ia berharap, kegiatan PKA yang digelar BPSDM Kemendagri dapat berjalan lancar dan membawa manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara. 

Hudori mengimbau, agar para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan kesungguhan dan kedisiplinan, sehingga materi yang disampaikan pengajar dapat dipahami dengan baik. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense