BREAKING NEWS
 

Papua Bakal Jadi Provinsi Olahraga, Atlet Luar Bisa Ikut Berlatih

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Senin, 4 Oktober 2021 21:19 WIB
Istora Papua Bangkit, salah satu venue PON XX, saat diresmikan Presiden Jokowi. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, PON XX menjadi momentum penting menjadikan Papua sebagai provinsi olahraga. Ini menjadi bagian dari perwujudan visi Presiden Jokowi. Tak hanya mengembangkan bakat anak-anak muda Papua, tetapi atlet dari daerah lain diharapkan bisa berlatih di Papua dengan memanfaatkan venue-venue PON.

“Venue-venue itu didedikasikan untuk putra-putri terbaik Papua. Dan nanti bisa didatangkan pula atlet-atlet dari luar Papua agar bisa ikut berlatih,” kata Muhadjir, saat berbicara menjadi keynote speaker dalam seminar Desain Besar Pembangunan Olahraga Nasional, di Universitas Negeri Musamus, Merauke, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (4/10).

Adsense

Baca juga : Menpora: PON Harus Jadi Ajang Pembuktian Atlet Muda Berprestasi

Muhadjir menyebut, beberapa venue PON berstandar nasional bahkan internasional. Seperti Stadion Lukas Enembe, yang jadi arena pembukaan PON, disebut Presiden Jokowi sebagai stadion terbaik se-Asia Pasifik. Juga ada arena motocross internasional, stadion sepak bola putri Merauke, arena sepatu roda. 

Di Mimika, lanjut Muhadjir, juga ada kompleks olahraga megah. Ada venue bola basket, bulu tangkis, bola voli, panjat tebing, serta asrama atlet. Ada juga arena biliar 12 meja serta stadion berkapasitas 3.500 penonton. 
 
“Papua pilihan Presiden Jokowi. Karena itulah, Presiden Jokowi merestui Papua jadi Provinsi Olahraga. Termasuk dikembangkan juga Papua sebagai tujuan wisata olahraga. Visi ke depan disiapkan roadmap Papua dan Indonesia Timur sebagai kiblat pembangunan olahraga nasional,” kata mantan Mendikbud ini. 

Baca juga : Jadi Wanbin AHHA PS Pati, Bamsoet Dorong Olahraga Sebagai Industri

Keputusan menjadikan Papua sebagai tuan rumah PON XX menunjukkan tekad itu. Muhadjir menceritakan, dari belasan provinsi yang melamar jadi tuan rumah, namun Jokowi memilih Papua.  

“Ini bagian dari desain besar pembangunan keolahragaan nasional untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Dalam arena olahraga dikembangkan talenta muda berbakat, memberikan ruangan yang cukup agar bisa mengekspresikan untuk menggali potensi,” terang Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense