BREAKING NEWS
 

Respons Isu Publik

Kominfo: Perlu Sistem Monitoring Yang Terintegrasi

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Minggu, 24 Oktober 2021 20:19 WIB
Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Kebijakan Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik, di Lombok Barat, Jumat (22/10). (Foto: Humas Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun sistem monitoring isu publik yang terintegrasi dan bisa digunakan bersama. Sistem ini dinilai penting untuk merespons isu publik yang berkembang di masyarakat.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Hasyim Gautama mengatakan, salah satu tantangan ke depan adalah melakukan monitoring isu publik yang bersifat prediktif. Sebagai manusia dengan pengetahuan dan daya jangkau terbatas, maka hal itu akan sulit dilakukan.

Baca juga : Top, PeduliLindungi dan BNI Mobile Banking Segera Terintegrasi

"Namun challenge itu akan kami tangani dengan membangun sebuah sistem monitoring isu publik, yang secara guyub menggunakan satu sistem, yang bisa dipakai bersama-sama, karena tujuannya sama, dengan menggunakan aplikasi yang satu," ujar Hasyim. 

Hal itu diungkapnnya saat memberikan sambutan dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Kebijakan Sub Urusan Informasi dan Komunikasi Publik, di Lombok Barat, dikutip Minggu (24/10).

Baca juga : Pertamina Komitmen Penuh Implementasi ESG Terintegrasi

Bimtek dilaksanakan selama dua hari, Kamis (21/10) dan Jumat (22/10), secara luring dan daring, yang melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota Se-Indonesia. Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui Kanal YouTube Ditjen IKP Kominfo dan Zoom Meeting.

Adsense

Hasyim melanjutkan, monitoring isu publik merupakan tugas yang harus serius dilakukan karena menyangkut kestabilan memantau serta merespons isu-isu yang muncul. Terutama, terkait isu sensitif yang membutuhkan kehati-hatian.

Baca juga : Gandeng PT INTI, KAI Terapkan Sistem Kontrol Terpusat Kereta

Dia juga mewanti-wanti, hal yang perlu diperhatikan dalam monitoring isu publik saat ini adalah bagaimana melihat atau memantau isu-isu yang berkembang di masyarakat. "Kemudian, apa kebutuhan masyarakat dan bagaimana harus meresponsnya," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense