Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ISEI: Pertumbuhan Yang Sehat Perlu Ditopang Transformasi Ekonomi

Rabu, 28 Juli 2021 16:01 WIB
Diskui ISEI. (Foto: Ist)
Diskui ISEI. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transformasi ekonomi merupakan salah satu langkah untuk menopang basis pertumbuhan ekonomi yang sehat. Dalam hal ini, pemulihan dan transformasi ekonomi perlu berjalan beriringan untuk mengakselerasi kegiatan di sektor rill dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, yang juga Ketua Bidang II untuk Kajian dan Perumusan Kebijakan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), dalam pembukaan diskusi publik BI–ISEI Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang diselenggarakan pada hari ini, Rabu (28/7) secara virtual.

Turut hadir untuk membuka diskusi publik BI-ISEI KTI dimaksud, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Baca juga : KPK: Pengukuhan Hutan Untuk Kepastian Hukum Dan Investasi

Dody mengatakan, terdapat tiga hal yang perlu dicermati oleh para anggota ISEI dalam mendukung penguatan fondasi ekonomi melalui kebijakan reformasi struktural. Pertama, dari sisi produktivitas, perlu upaya peningkatan output.

“Dalam hal ini pengukuran terhadap produktivitas dibandingkan output juga perlu senantiasa direvaluasi sehingga hasilnya bisa dikonversi tidak hanya dari sisi kuantitas tetapi juga kualitas pekerjaan,” ujarnya.

Kedua, kata dia, dari sisi sumber daya, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tenaga kerja memegang peranan penting dalam peningkatan daya saing, sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan otomasi yang semakin luas di kalangan industri.

Baca juga : BI Izinkan Bank Sentral Negara Mitra Transaksi DNDF

Ketiga, dari sisi kapital, kebijakan untuk menarik dan mempermudah investasi perlu dilakukan untuk mendorong peranan swasta yang lebih optimal dalam pembiayaan pembangunan. Di daerah, peningkatan akumulasi kapital antara lain ditopang oleh pembangunan infrastruktur, terutama untuk konektivitas dan penyediaan energi.

Diskusi publik BI-ISEI KTI mengangkat tema “Memperkuat Modalitas Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Reformasi Struktural untuk Menjaga Stabilitas Pertumbuhan” dilaksanakan pada 27-28 Juli 2021 serta menghadirkan  narasumber seperti Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad Alhaddar dan Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahuddin Uno.

Rangkaian kegiatan diskusi publik BI-ISEI KTI merupakan rangkaian kegiatan menuju Kongres ISEI XXI Agustus 2021 di Makassar, setelah sebelumnya dilakukan diskusi publik di Sumatera dan Jawa. Pelaksanaan rangkaian kegiatan diskusi publik ISEI bertujuan untuk memberikan informasi pelaksanaan kongres ISEI. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.