BREAKING NEWS
 

Perjuangan WNI Keluar Dari Medan Perang Di Ukraina

Diangkut Bus 35 Jam, Ada Yang Kena Covid

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Rabu, 2 Maret 2022 08:10 WIB
Wanita Polandia ini menawarkan tumpangan gratis kepada pengungsi Ukraina, di Medyka, Polandia, 26 Februari 2022. (Foto: Xinhua/Zhou Nan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan kabar gembira dari Ukraina. Di tengah pertempuran sengit, Pemerintah sejauh ini berhasil mengevakuasi 99 WNI dari negara yang tengah diserang Rusia itu, kemarin.

Retno menceritakan proses evakuasi 99 WNI yang berlangsung heroik. Relokasi WNI dilakukan secara masif di beberapa kota di Ukraina dalam beberapa hari terakhir.

Per Minggu (27/2), ada 25 WNI yang dievakuasi melalui Odessa tiba di Bucharest pukul 16.30 waktu Bucharest. WNI yang dievakuasi semuanya perempuan, dan 1 anak berumur sekitar 12 tahun.

Baca juga : Heroik, Perjuangan WNI Tinggalkan Ukraina Saat Pertempuran Sengit

Tim evakuasi, bergerak dari Tulcea, perbatasan Rumania-Moldova pada Sabtu, (26/2) pukul 06.00 pagi dan akhirnya tiba kembali di Bucharest pada 27 Februari lalu pukul 16.30 waktu setempat.

Waktu yang ditempuh di tengah invasi Rusia ini lumayan lama. Lama perjalanan tim evakuasi mencapai 35 jam dengan menggunakan bus. “Di waktu normal kita mendapat informasi, lama perjalanan tidak lebih dari 10 jam,” kata Menlu Retno, kepada wartawan secara daring, Selasa (1/3).

Menteri Luar Negeri perempuan pertama ini menambahkan, tim evakuasi juga melewati lima kali pemeriksaan dan check point. Di perbatasan terjadi antrean mobil lebih dari 10 km. Diperkirakan, mobil yang antre telah berada di perbatasan selama dua hari. “Namun alhamdulillah, evakuasi bisa menembus antrean sekitar 4,5 jam,” tambahnya.

Baca juga : Pastikan WNI Selamat Keluar Dari Ukraina, Kemlu Gandeng Banyak Pihak

Dari 25 WNI yang dievakuasi itu, 1 orang WNI terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini sudah mendapatkan penanganan.

Lainnya, 6 WNI dan 1 WNA yaitu suami dari WNI pada Minggu (27/2) juga berhasil diseberangkan, dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia. Keenam WNI tersebut terdiri dari 2 perempuan dewasa, 3 anak-anak dan 1 bayi.

“Tim KBRI Warsawa berangkat dari safe house di Rzeszow pada pukul 07.30 pagi dan tiba kembali dengan para pengungsi WNI sekitar jam 20.45 malam hari,” jelasnya.

Baca juga : Penggunaan NIK Dukcapil Bakal Permudah Perizinan Berusaha BKPM 

Sebagaimana jalur perbatasan Rumania, jalur ini pun, sebut Retno, mengalami antrean yang sangat panjang, hingga 30 km, khususnya di daerah perbatasan. “Saat ini, mereka sudah berada di Rzeszow dalam kondisi sehat,” kata alumni S-2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda ini.

Selain itu, 4 WNI yang terdiri dari 2 pria dan 2 anak, ditambah 2 WNA pasangan dari WNI juga telah dijemput tim KBRI Warsawa dari McD Ternopil, Lviv, Ukraina menuju Polandia, dengan jarak tempuh 150 km.

Adsense

“Mereka saat ini sudah tiba di safe house di Rzeszow, Polandia pada 28 Februari 2022 pukul 19.40,” kisah Menlu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense