BREAKING NEWS
 

Kunjungi Jakarta

Presiden Timor Leste Ramos Horta Kenang Naik Becak

Reporter : PAUL YOANDA
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 19 Juli 2022 20:06 WIB
Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 19 Juli 2022. Foto BPMI Setpres/Lukas

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta melakukan kunjungan resmi ke Indonesia selama delapan hari, mulai 18 Juli 2022. Kunjungan ke Tanah Air jadi momen Horta mengenang saat dirinya pertama kali ke Jakarta.

Horta tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 10.00, Selasa (19/7). Dalam tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, kedatangan Horta di Istana Bogor, diiringi pasukan berkuda, dan pasukan berseragam pakaian tradisional.

Baca juga : Kejagung Tetapkan Eks Dirut Krakatau Steel Tersangka Korupsi Pembangunan Pabrik BFC

Jokowi mengenakan setelan jas biru gelap, menyambut Horta di halaman Istana. Sedangkan Horta menggunakan setelan jas hitam dengan rompi tenun tais warna hijau.

Selanjutnya, kedua pemimpin mengikuti upacara, dan menginspeksi pasukan. Setelahnya, Jokowi mengenalkan para menteri yang mendampinginya. Mereka adalah Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca juga : Final Piala Presiden, Ini Rekor Pertemuan Arema FC Vs Borneo

Sedangkan Horta didampingi Menlu Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno, Menteri Komunikasi dan Transportasi Jose Agustinho da Silva, serta Mentan dan Perikanan Pedro dos Reis. Selain itu, hadir juga Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Filomeno Aleixo da Cruz.

Keduanya lalu memasuki Istana Bogor. Di sana, mereka berfoto bersama di Ruang Teratai, sebelum Horta mengisi buku tamu. Dari Ruang Teratai, Jokowi mengajak Horta ke beranda belakang Istana Bogor sembari berbincang informal dan melihat-lihat ke arah Kebun Raya Bogor.

Baca juga : Presiden Sri Lanka Gagal Kabur Ke Dubai

Selanjutnya, mereka menanam pohon gaharu bersama. Tanaman aromatik khas Asia Tenggara ini diharapkan menjadi simbol persahabatan kedua negara yang terus tumbuh.

Adsense

Setelah menanam pohon, kedua pemimpin negara berbincang informal di beranda belakang Istana Bogor. Acara dilanjutkan pertemuan bilateral bersama delegasi masing-masing di Ruang Oval Istana Bogor. Di ruangan itu, Horta menyampaikan kegembiraannya bisa kembali mengunjungi Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense