BREAKING NEWS
 

Anwar Ibrahim Dan Muhyiddin Klaim Menang Pemilu Malaysia

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Minggu, 20 November 2022 14:17 WIB
Mantan PM Malaysia Muhyiddin Yassin (kiri) dan pemimpin oposis Anwar Ibrahim unggul dalam Pemilu Malaysia, Sabtu, 19 November 2022. (Foto Astro Awani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua calon Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim dan Muhyiddin Yassin mengklaim kemenangan dan dapat membentuk pemerintahan usai  Pemilu ke-15 Malaysia berlangsung ketat.

Dilansir Channel News Asia, Minggu (20/11) koalisi Pakatan Harapan yang mengusung pemimpin oposisi Anwar Ibrahim menang 82 kursi. Sementara kubu Perikatan Nasional yang mengusung mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin menyusul ketat dengan 73 kursi.

Baca juga : Banjir Dan Kematian Caleg, Dua Dapil Tunda Pemilu Malaysia

Sementara, Koalisi Barisan Nasional yang mengusung Perdana Menteri (PM) Ismail Sabri memperoleh 30 kursi. Kemudian Gabungan Parti Sarawak (GPS) memiliki 22 kursi, Gabungan Rakyat Sabah (GRS) enam kursi, Partai Warisan Sabah tiga kursi, Partai Bangsa Malaysia satu kursi and dua kursi dimenangkan kandidat independen.

Dengan gagalnya partai-partai utama memenangkan mayoritas, mereka kini harus membangun aliansi mayoritas untuk membentuk pemerintahan. Raja dalam konstitusi Malaysia juga dapat terlibat, karena ia memiliki kekuasaan untuk menunjuk Perdana Menteri dari seorang anggota parlemen yang diyakini dapat memimpin mayoritas.

Baca juga : Gelar Dikpol Dan Rakornis, BSNPG Siap Menangkan Golkar di Pemilu 2024

Dengan jumlah selisih kursi yang tipis, Anwar dan Muhyiddin mengklaim sudah bisa membentuk pemerintahan berikutnya. Namun, keduanya belum buka-bukaan dengan siapa mereka berkoalisi.

Anwar mengklaim, koalisinya sudah memiliki cukup kursi untuk membentuk pemerintahan. Anwar mengaku sudah berbicara dengan sejumlah partai dan mengantongi 112 kursi (jumlah mayoritas) yang bisa membuat suatu partai membentuk pemerintahan.

Baca juga : Sudah Meninggal, Tony DeLuca Menang Pemilu Sela AS

"Pakatan Harapan telah membentuk blok terbesar di parlemen," kata Anwar seraya mengatakan akan mengirimkan surat kepada Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah untuk merinci koalisi pendukungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense