BREAKING NEWS
 

Founder and Chairman FPCI Dino Patti Djalal

Tanpa Solusi Politik, Adu Jotos Palestina-Israel Nggak Bakalan Kelar

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 29 Oktober 2023 17:13 WIB
Founder and Chairman FPCI Dino Patti Djalal (Foto: tangkapan layar YouTube)

 Sebelumnya 
Dino mengatakan, ada banyak cara bagi Indonesia, untuk membantu Palestina. Hal-hal yang sudah dilakukan antara lain pemberian bantuan kemanusiaan, dengan mendirikan Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Selain itu, juga ada bantuan capacity building terhadap otorita Palestina, dukungan moral, dan seruan diplomatik.

Baca juga : Soal Penyanderaan Pilot Susi Air, Pemerintah Nggak Diam Lho

"Ini juga sering dilakukan. Tapi, kalau Indonesia ingin secara serius membantu mengakhiri konflik Palestina-Israel, maka yang paling berdampak adalah kita harus mulai aktif melancarkan dorongan diplomatik dan politik, yang dapat menghidupkan kembali proses perundingan ke arah solusi Dua Negara," jelas Dino.

Dengan melakukan langkah tersebut, Indonesia akan otomatis ikut memberikan tekanan internasional. Serta ikut memberikan dorongan politik dan dorongan diplomatik kepada Palestina dan Israel, untuk mulai berunding kembali. Demi mewujudkan solusi Dua Negara.

Baca juga : Soal Kehadiran Israel Di Piala Dunia U20, Cak Nanto Usul Politik LN Jalan Tengah

Menurut Dino, hal ini dapat dilakukan dalam format perundingan yang baru. Upaya ini harus dilakukan secara gigih dan berkelanjutan.

"Yang paling penting, lakukan ini benar-benar untuk Palestina, dengan cara diplomasi belakang layar atau quiet diplomacy. Bukan untuk konsumsi politik dalam negeri," tegas Dino.

Baca juga : Israel Serius Nggak Ya!

"Kalau tidak ada solusi politik, alternatifnya adalah adu jotos yang tidak akan habis-habisnya. Akibatnya, konflik kekerasan akan terus terjadi. Korban akan terus berjatuhan di Palestina untuk 50 tahun lagi, dan bahkan 100 tahun ke depan. We stand with Palestine," pungkas peraih gelar doktor dari London School of Economics and Political Science, Inggris.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense