BREAKING NEWS
 

Di Tengah Pandemi Corona

Ulama Al Azhar Imbau Umat Islam Tetap Berpuasa, Kecuali Ada Saran Medis Yang Kredibel

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 19 April 2020 07:31 WIB
Ilustrasi kegiatan buka puasa bersama (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ulama terkemuka Al Azhar, Mesir selaku otoritas tertinggi Islam Sunni mengimbau umat Islam sedunia, agar tetap menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Corona.

Untuk diketahui, awal Ramadhan tahun ini, diperkirakan jatuh pada tanggal 24 April mendatang. 

"Seperti dinyatakan dalam situs Regional WHO untuk Mediterania Timur, tak ada bukti ilmiah yang menyebut bahwa minum air adalah salah satu upaya menghindari infeksi Corona," ujar Imam Besar Al Azhar seperti dikutip Al Arabiya, Sabtu (18/4).

Baca juga : Di Tengah Pandemi Covid-19, Prospek Bisnis Jamur Tetap Moncer

Menurutnya, sejauh ini tak ada bukti bahwa penggunaan obat kumur dapat melawan infeksi virus Corona. Memang, ada beberapa merk obat kumur yang dapat membunuh kuman dalam air liur selama beberapa menit. Tapi, itu tak berarti mencegah virus Corona.

Adsense

Imam Besar Al Azhar menuturkan, kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan gugur, bila ada bukti ilmiah yang menyebut bahwa minum air dapat mencegah risiko tertular Covid-19.

"Keputusan ini sangat tergantung dokter yang kredibel. Karena mereka adalah ahlinya. Keputusan mereka akan menjadi patokan bagi umat Islam, untuk berpuasa atau tidak," terangnya.

Baca juga : Jelang Puasa, Polri Siapkan Strategi Pengamanan

"Jika seorang muslim yang berpuasa ingin membasahi mulutnya, Islam mengizinkan berkumur dengan air selama wudhu. Dengan syarat, tidak berlebihan. Sehingga, air tidak masuk ke perut dan membatalkan puasa," sambungnya.

Sebagai langkah antisipasi mencegah meluasnya wabah Corona, pemerintah Mesir telah melarang semua kegiatan buka puasa dan aktivitas sejenis.

Sementara itu, Imam Besar Al Azhar Sheikh Abdulaziz Al-Sheikh mengimbau warga Arab Saudi, agar melaksanakan ibadah tarawih dan shalat Idul Fitri di rumah saja, jika wabah Corona masih berlanjut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense