BREAKING NEWS
 

Negeri Paman Sam Sukses Lagi Jadi Makcomblang

Akhirnya, Maroko Jalin Hubungan Dengan Israel

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 12 Desember 2020 06:50 WIB
Raja Maroko, Mohammed VI sepakat menormalisasi hubungan dengan Israel.(Foto: DW)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat (AS) sukses membujuk Maroko bergabung dengan beberapa negara Arab lainnya untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan kesepakatan normalisasi hubungan Israel - Maroko pada Kamis (10/12). “Normalisasi ini sebagai bagian kesepakatan yang mencakup pengakuan AS atas kedaulatan Maroko terhadap Sahara Barat, yang telah lama disengketakan,” tuturnya.

Baca juga : Giliran Maroko, Sepakati Normalisasi Hubungan Dengan Israel

Maroko menyusul Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan yang memulai hubungan diplomatik dengan Negara Zionis itu. Menurut Gedung Putih, Trump menyelesaikan kesepakatan melalui telepon dengan Raja Maroko, Mohammed VI. “Terobosan sejarah lagi hari ini, dua teman penting kita, Israel dan Kerajaan Maroko telah menyetujui hubungan diplomatik penuh. Sebuah terobosan besar untuk perdamaian di Timur Tengah!” cuit Trump dalam akun Twitternya dikutip Strait Times, kemarin.

Israel dan Maroko menjalin hubungan tingkat rendah setelah Kesepakatan Oslo pada 1990an. Tetapi negara Afrika Utara itu memutuskan hubungan setelah gerakan perlawanan secara terus menerus (intifada) Palestina kedua pada tahun 2000.

Baca juga : Jangan Tukar Kedaulatan Dengan Uang, Itu Salah

Lalu, kedua negara menutup misi diplomatik masingmasing. Dalam briefing dengan wartawan, penasihat senior Trump, Jared Kushner mengatakan, perjanjian Israel dan Maroko akan mempromosikan kerja sama ekonomi antara perusahaan kedua negara.

Selain itu, kedua negara membuka penerbangan langsung, serta akan dilakukan nya pembukaan kedutaan. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik hal tersebut.

Baca juga : Demi Hadapi Iran, Bahrain Resmikan Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Dia memuji langkah Maroko sebagai salah satu yang akan membawa perdamaian yang sangat hangat. “Pada Hanukkah ini, cahaya perdamaian tidak pernah bersinar lebih terang dari hari ini di Timur Tengah,” katanya pada upacara penyalaan lilin di Tembok Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense