BREAKING NEWS
 

Chad Wolf Mundur, Trump Kembali Ditinggal Menterinya

Reporter : DIANANDA RAHMASARI
Editor : MELLANI EKA MAHAYANA
Selasa, 12 Januari 2021 11:41 WIB
Pelaksana tugas sementara Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat Chad Wolf (Foto Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali ditinggal pejabatnya menjelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden, 20 Januari 2021. Pada Senin (11/1/2020) Pelaksana tugas sementara Menteri Kementerian Keamanan Dalam Negeri (DHS),  Chad Wolf mengumumkan pengunduran diri.

Kantor urusan pers Kementerian Keamanan Dalam Negeri mengatakan, Wolf akan resmi meninggalkan jabatannya pada Senin (11/1/2021) pukul 23.59 waktu setempat. Posisi Wolf digantikan Peter Gaynor. Ia merupakan pejabat Badan Manajemen Situasi Darurat Federal.

Dalam surel (surat elektronik) yang dikirim Wolf kepada seluruh karyawan DHS, dia mengaku pengunduran diri terkait putusan pengadilan soal kelayakannya menduduki posisi penting tersebut. Dua bulan lalu, pengadilan federal memutuskan, penunjukan Wolf tidak sah. Namun, Trump tetap mempertahankan posisi Wolf.

Baca juga : Pekan Kedua TC Di Spanyol, Timnas U-19 Kembali Jalani Laga Internal Game

"Saya sedih mengambil langkah ini, keinginan saya adalah menjabat di Kementerian ini sampai akhir masa jabatan," kata Wolf seperti dikutip dari AFP.

Adsense

Pengunduran Wolf memicu ke khawatiran bakal terganggunya tugas Secret Service dalam menjaga kelancara acara pelantikan Biden. Sebab, Secret Service berada di bawah DHS. 

Namun, Wolf sudah mempersiapkan semunya. Beberapa jam sebelum menyampaikan pengumuman mundur, Wolf telah menginstruksikan Secret Service memulai operasi Keamanan Khusus Nasional untuk pelantikan Biden pada 13 Januari, enam hari lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya.

Baca juga : Arwani Diyakini Bisa Besarkan PPP

Wolf mengatakan, langkah itu dibuat terkait meningkatkan kekhawatiran terhadap kondisi keamanan serta mendengar rekomendasi dari Direktur Secret Service James Murray.

Terkait pengunduran diri Wolf, Gedung Putih masih bungkam. Wolf adalah satu dari beberapa nama pejabat Trump yang mundur usai kerusuhan di Capitol Hill (Gedung DPR/MPR AS), Rabu pekan lalu. Tepatnya 6 Januari 2020. Massa fanatik pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol. 

Menteri Pendidikan Betsy DeVos dan Menteri Transportasi Elaine Chao mengundurkan diri setelah kejadian tersebut.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense