BREAKING NEWS
 

Ke Brunei, Menlu Retno Bahas Upaya ASEAN Tanggapi Isu Myanmar

Reporter & Editor :
MUHAMMAD RUSMADI
Rabu, 17 Februari 2021 16:58 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Brunei Darussalam Erywan Yusof (kanan) di Bandar Seri Begawan, Rabu (17/02/2021). [Foto: Kemlu RI]

 Sebelumnya 
Sebelumnya dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin di Jakarta, pada 5 Februari, Presiden RI Joko Widodo telah mengusulkan agar para Menlu ASEAN bertemu untuk membahas perkembangan di Myanmar “sebagai satu keluarga”.

Baca juga : Menlu: Indonesia Akan Berkontribusi Selesaikan Isu Myanmar

Kedua pemimpin kemudian menugaskan, Menlu masing-masing negara untuk menyampaikan usulan tersebut kepada Ketua ASEAN, yang dijabat oleh Brunei Darussalam. Usulan tersebut telah diterima dan disetujui oleh Brunei Darussalam, yang telah melakukan pertemuan virtual dengan Myanmar pada 11 Februari 2021. Mekanisme konsultasi seperti ini, kata Retno, telah sesuai amanat Piagam ASEAN.

Baca juga : Menlu Jepang-Indonesia Bahas Myanmar Via Telepon

“Ketua ASEAN tentunya akan terus melakukan komunikasi dan konsultasi dengan negara anggota ASEAN yang lain, mengenai apa yang dapat dilakukan ASEAN untuk membantu Myanmar,” ujar dia.

Baca juga : Pemerintah Prancis Minta Warganya Tinggalkan Masker Kain

Setelah Brunei Darussalam, Retno akan terbang ke Singapura, untuk membahas lebih lanjut upaya ASEAN menanggapi perkembangan politik di Myanmar. “Indonesia akan melanjutkan upaya berkontribusi mencari solusi yang terbaik bagi rakyat Myanmar, dan bagi upaya menjaga stabilitas, keamanan, dan perdamaian kawasan,” tuturnya. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense