BREAKING NEWS
 

24 Pelajar Papua Dikirim Kuliah Ke Amerika

Reporter & Editor :
MELLANI EKA MAHAYANA
Kamis, 17 Juni 2021 20:21 WIB
Para pelajar asal Papua akan kuliah di University of Rhode Island, Amerika Serikat. (Foto Kedubes AS)

 Sebelumnya 
Sementara yang lain akan terdaftar dalam program gelar Associate di Highline College sebelum melanjutkan ke University of Rhode Island atau University Johnson & Wales.

“Pertukaran pelajar ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Heather Variava dalam pidatonya saat melepas keberangkatan pelajar Papua di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Adsense

Acara itu juga dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen yang mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe. Pengiriman calon mahasiswa ini  menandai kelanjutan kerja sama jangka panjang antara University of Rhode Island dengan Pemerintah Provinsi Papua. Program ini untuk memberikan kesempatan bagi pemuda Papua untuk mengejar gelar akademis di universitas di Amerika Serikat.

Wakil Dubes AS Heather Variava berbincang-bincang dengan calon mahasiswa kampus AS asal Papua. (Foto Kedubes AS).

Baca juga : Bahaya, Kalau Sekolah Tidak Mampu Kontrol Perilaku 5M

Heather Variava mengucapkan banyak terima kasih atas komitmen Gubernur Papua terhadap program ini. Ucapan yang sama juga dia sampaikan kepada Presiden Universitas Rhode Island, Dr. David M Dooley dan Direktur Pendidikan dan Kemitraan Bisnis untuk Asia, Brook Ross. 

"Kemitraan ini sebagai contoh institusi pendidikan tinggi Amerika Serikat dapat membantu Indonesia mewujudkan tujuan pengembangan kapasitas manusia di seluruh pelosok Nusantara," pernyataan Kedubes AS di Jakarta.

Tahun lalu, 35 penerima beasiswa telah terpilih untuk melanjutkan studi di University of Rhode Island  Namun, karena adanya pandemi Covid-19, para siswa tersebut tidak dapat melakukan perjalanan ke Rhode Island untuk awal tahun ajaran 2020-2021.

Baca juga : Digebuk Kanan-Kiri, Sri Mulyani Anteng Aja

Bekerja sama dengan LSM Papua Language Institute dan mitra di Amerika Serikat, University of Johnson & Wales dan Highline College, University Rhode Island meluncurkan program pendidikan campuran (hybrid) secara tatap muka dan daring untuk memberikan dukungan akademik dan membantu memastikan siswa-siswa tersebut dapat melanjutkan studinya ke Amerika Serikat ketika kondisi membaik.

Pada Januari 2021, 10 penerima beasiswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Universitas Rhode Island untuk memulai pembelajaran di musim semi secara langsung.[MEL]

 

 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense