BREAKING NEWS
 

Dapat Tambahan Anggaran, KLHK Tingkatkan Rehabilitasi Mangrove Dan Pengukuhan Kawasan Hutan

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Kamis, 8 April 2021 21:57 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. rapat kerja dengan Komisi IV DPR, di gedung DPR, Kamis (8/4). (Foto: KLHK).

 Sebelumnya 
Terkait penambahan pagu anggaran untuk Ditjen PKTL, Menteri Siti menjelaskan hal tersebut mengacu pada ketentuan Menteri Keuangan bahwa terhadap PNBP PKH terdapat 11,98 persen uang yang bisa dipakai dan harus dipakai pada tahun yang berjalan.

Pada tahun 2020 sebagai contoh, PNBP PKH yang dihasilkan oleh KLHK sebesar Rp. 1,925 triliun atau 130 persen dari target Rp. 1,474 triliun. “Jadi berdasarkan ketentuan tersebut, maka KLHK mendapat kesempatan melalui Ditjen PKTL untuk mengelola dan memperkuat pengukuhan hutan,” katanya.

Baca juga : Menteri LHK Tekankan Langkah Perlindungan Dan Rehabilitasi Mangrove Nasional

Distribusi penggunaan anggaran tambahan Ditjen PKTL untuk kegiatan pengukuhan kawasan hutan meliputi tata batas kawasan hutan sepanjang 10.221 Km, tata batas Tanah Obyek Reforma Agraria dari Kawasan Hutan sepanjang 3.792 km, serta Inventarisasi dan Verifikasi Tanah Obyek Reforma Agraria dari Kawasan Hutan seluas 20,190 ha.

Selain itu, anggaran tersebut ditujukan untuk optimalisasi penerimaan negara melalui verifikasi lapangan bagi 202 wajib bayar, inventarisasi sumber daya hutan, pengembangan sistem informasi, dan peningkatan kapasitas tenaga (juru) ukur serta penyusunan rencana pemulihan.

Baca juga : KLHK Lakukan Rehabilitasi Hutan Dan Lahan Di Lokasi Sulit Dan Kritis

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi IV DPR Sudin mengatakan dengan situasi dan kondisi Indonesia terkini, perlu ada aksi yang luar biasa kepada masyarakat. Berbagai upaya juga telah dan tengah dilakukan oleh pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, diantaranya dengan penambahan anggaran di berbagai sektor.

“Komisi IV DPR memandang perlu memastikan anggaran tambahan digunakan secara tepat sasaran, tepat guna, dan tepat waktu, sehingga mampu memberikan daya ungkit yang signifikan terhadap proses pemulihan ekonomi nasional,” ujar Sudin.

Baca juga : Kendalikan Perubahan Iklim, KLHK Kembangkan NDC Dan Strategi Jangka Panjang

Selain Menteri LHK beserta Wakil Menteri LHK Alue Dohong dan jajaran Eselon I KLHK,  raker dengan Komisi IV DPR juga dihadiri Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan beserta jajaran Eselon I masing-masing, serta Kepala BRGM. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense