BREAKING NEWS
 

Krangkeng Besi Magada

Senin, 31 Januari 2022 07:10 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Indahnya berdaulat saat memiliki kerajaan sendiri dan itu tergambar dari raut muka para satria Pandawa. Pandawa patut bersuka ria atas selesainya babad alas Wonomarto. Dulu Hutan Marta terkenal “tempat jin buang anak” tapi kini berubah menjadi kerajaan megah. Prabu Puntodewa ingin mengadakan syukuran atas berdirinya kerajaan Amarta. Sebagai ungkapan rasa syukur digelar sesaji Rajasuya dengan mengundang para sahabat. Namun raja-raja sahabat Pandawa sedang dikerangkeng oleh raja raksasa Prabu Jarasanda dari kerajaan Magada.

Baca juga : Pindahnya Kotaraja Alengka

“Di Langkat juga ada kerangkeng manusia, Mo,” celetuk Petruk. Romo Semar kurang semangat untuk menanggapi perbudakan di zaman modern. Semar justru sedang bersyukur dengan ditetapkannya tanggal pemilu serentak pada 14 Februari 2024. Dengan diputuskannya jadwal pemilu dapat mengurangi spekulasi politik yang selama ini berkembang liar di masyarakat. Selain itu potensi pelanggaran konstitusi seperti penambahan masa jabatan presiden tiga periode ternyata tidak terbukti.

Baca juga : Redupnya Pamor Prabu Kresna

Seperti biasa, kopi pahit dan ubi rebus selalu setia menemani sarapan pagi Romo Semar. Kepulan asap rokok klobot membawanya ke zaman Mahabarata, ketika Pandawa mengadakan sesaji Rajasuyo bersama Kresna dan Baladewa.

Adsense

Baca juga : Inovasi Dan Kearifan Tembang Pucung

Kocap kacarito, Setelah Pandawa menginjak dewasa seharusnya kerajaan Hastina menjadi milik Pandawa. Karena dulu Prabu Pandu sebagai pewaris kerajaan meninggal dunia saat Pandawa masih kecil. Atas prakarsa Adipati Drestarastra dan Resi Bisma, Hutan Marta atau Wanamarta diserahkan Pandawa untuk dijadikan kerajaan baru. Hal ini untuk mencegah terjadinya perebutan tahta kerajaan Hastina antara Pandawa dan Kurawa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense