BREAKING NEWS
 

Amarta Swasembada Energi

Senin, 5 September 2022 06:20 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Energy chart Amerika Serikat berubah setelah negara tersebut berhasil mengembangkan energi Shale gas. Amerika yang dulunya sebagai pengimpor minyak dan gas, sekarang menjadi penyuplai energi ke negara lain. Hal ini disebabkan karena inovasi di bidang energi berhasil mengubah serpihan gas yang terperangkap di celah bebatuan dan diekstrak menjadi minyak dan gas.

Kelebihan dari shale gas adalah sumber gas yang dangkal. Sehingga biaya untuk ekplorasi dan ekploitasi tidak mahal dibanding sumur-sumur minyak konvensional. Sehingga Amerika dapat memenuhi BBM murah kepada rakyatnya dan tidak tergantung impor dari negara lain.

Baca juga : Jalan Tengah BBM Subsidi

“Kita juga memiliki bauran energi melimpah, Mo,” celetuk Petruk, sok tahu. “Betul, Tole. Tapi belum digarap secara optimal,” sahut Semar.

Potensi panas bumi atau geothermal kita sekitar 27.000 MW terbesar ketiga di dunia. Namun, panas bumi tersebut baru digarap kurang dari sepuluh persen. Belum lagi sumber energi baru terbarukan lainnya seperti energi matahari, angin dan air. Sedangkan untuk minyak dan gas, hampir dua dasawarsa tidak ada pembukaan sumur-sumur baru. Sehingga lifting minyak kita stagnan. Padahal kebutuhan akan konsumsi minyak dan gas terus bertambah. Akibatnya untuk menutup defisit energi tersebut harus impor dari negara lain.

Adsense

Baca juga : Kegamangan Durna Kepada Bima

Kopi pahit dan ubi rebus dibiarkan dingin. Romo Semar kurang semangat untuk melahapi sarapan yang sudah disediakan istrinya Dewi Kanastren. Bau tanah lembek akibat guyuran hujan semalam masih tercium hangat. Romo Semar sedang galau dengan makin maraknya pro dan kontra atas naiknya harga BBM pekan lalu. Kepulan asap rokok klobot membawanya ke zaman Mahabarata, di mana kegamangan Pandawa dalam membangun Amarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense