BREAKING NEWS
 

Renungan Spiritual Bulan Rajab (7)

Berpuasa Bicara

Rabu, 8 Februari 2023 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pepatah  kuno mengatakan: Diam adalah emas dan bicara adalah perak. Kita bisa setuju atau tidak dengan pepatah ini, tetapi yang pasti kita sendiri seringkali menyesal karena terlalu banyak bicara.

Kita juga sering bersyukur karena bisa bersikap diam dan mengendalikan diri sehingga terbebas dari fitnah dan marabahaya. Kita juga sering setuju dengan pernyataan: Kita lebih gampang disuruh bicara ketimbang disuruh diam.

Baca juga : Memahami Cara Kerja Takdir

Hal yang sama juga dialami Nabi Zakariya di dalam Surah Maryam. Ia sangat berhasrat memiliki anak. Ia tak pernah berhenti berdoa meskipun usianya sudah tua dan isterinya juga demikian.

Sebagai wujud tanda syukur dan sekaligus nazar sekiranya ia berhasil dikaruniai anak maka ia akan berpuasa bicara selama tiga hari, sebagaimana disebutkan da am Al-Qur’an: “Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda”. Tuhan berfirman: “Tanda bagimu ialah bahwa kamu tidak dapat bercakapcakap dengan manusia selama tiga malam, padahal kamu sehat”. (Q.S. Maryam/19:10). Akhirnya doanya dikabulkan dan Nabi Zakariya pun menu naikan nazarnya dengan berpuasa bicara.

Baca juga : Anak Tangga Menuju Tuhan

Diam atau puasa bicara bukan pekerjaan mudah bagi orang normal. Namun, Allah SWT selalu mengingatkan kita agar hati-hati soal bicara, sebagaimana firman-Nya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar”. (QS. AlAhzab/33:70).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense