Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rekonsolidasi Strategi Kebudayaan Nasional (44)

Pengalaman Thailand

Selasa, 31 Januari 2023 06:32 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Thailand salah satu negara penting di Asia Tenggara. Thailand dan Indonesia sama-sama diapit dua area penting, yaitu benua Australia dan daratan China, dan India. Thailand merupakan tempat persinggahan para penyebar Islam ke Nusantara, baik yang datang dari Timur Tengah maupun melalui India.

Thailand Selatan adalah wilayah yang amat penting di dalam sejarah Islam di Tailand. Sebagian besar penduduk Tailand beragama Budha, dan Islam di sana termasuk kelompok agama minoritas sebagaimana halnya Kristen, Katoloik, Konghucu, dan Hindu.

Baca juga : Negara & Aliran Sesat

Perkembangan dan strategi kebudayaan nasional Thaland juga mengalami pasang surut seiring dengan gejolak politik yang sering menghangat di sana. Thailand mengklaim diri juga sebagai negara yang plural meskipun tidak seplural dengan Indonesia.

Negara ini juga seringkali disibukkan dengan kelompok-kelompok separatis dan radikal. Termasuk fenomena kelompok radikal Islam di Thailand yang pernah melakukan peledakan-peledakan di sejumlah tepat. Karena itu, wilayah-wilayah tertentu yang dipadati warga muslim mendapatkan perhatian khusus.

Baca juga : Pengalaman Jepang (2)

Beruntung Thailand bisa mengakomodir lebih baik kelompok minoritas muslim di sana sehigga bisa menjinakkan komunitas muslim dengan sejumlah kebijaksanaan khusus.

Islam di Thailand mengalami perkembangan pesat. Bukan saja populasi penduduknya, tetapi juga kemampuannya untuk meraih keberuntungan dalam negeri melalui kebijakan khususnya terhadap komunitas muslim. Islam adalah agama minoritas terbesar di sana, melampaui agama-agama minoritas lainnya.

Baca juga : Pengalaman Jepang (1)

Thailand Selatan yang ibu kotanya Pattani dihuni oleh etnik Melayu-muslim. Di Thailand Selatan sering terjadi konflik dengan kelompok agama Budha, karena secara geografis, Tailand Selatan tetap bagian dari negara Tailand. Namun, secara komunitas, muslim mayoritas mendiami wilayah ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.