BREAKING NEWS
 

Meraih Berkah Bulan Sya`ban (17)

Road Map Menjumpai Tuhan

Minggu, 3 Maret 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Bagi mereka yang sudah sampai kepada penghayatan mendalam dalam shalatnya, maka shalatnya kata Tuhan memilki “bekas sujud” (atsar al-sujud) yang tergambar di dalam perkataan dan perbuatan. Jiwa, pikiran, dan perilakunya di dalam masyarakat betul-betul mengesank­an. Kehadirannya selalu dirindukan, kepergiannya selalu menyeihkan. Ia bagaikan cahaya dalam kegelapan. Ia yang selalu menebarkan energy positif. Ia menempatkan dirinya sebagai manusia langka yang didoakan banyak orang di bumi dan para malaikat di langit. Dialah ahli waris spiritual Nabi yang perlu ditiru segenap umat manusia.

Baca juga : Kalian Mau Ke Mana?

Kita berharap tidak menjadi orang kebalikannya, menampilkan wajah seperti kata Tuhan: “bagaikan berkepala hantu” (ka annahu ruus al-syaithan). Ia bagaikan kata pepatah: “Datang tidak menguntung­kan, pergi tak mengurangi”. Sehari-harinya hanya menebarkan energy negatif. Orang seperti ini nagaikan hidup dalam alam gelap gulita (dhalal al-mubin), sarat dengan beban. Ia selalu merasa dikejar baying-bayang dan sekaligus mengejar baying-bayang. Bagi mereka yang demikian, masih ada waktu bertobat, kembali ke jalan benar (sharath al-mustaqim), dan tidak ada kata terlambat untuk insaf. Tidak ada yang bisa menghalangi Tuhan jika akan memafkan secara total hamba-Nya. Tuhan lebih menonjol sebagai Maha Pemaaf dan Maha Penyayang ketimbang sebagai Tuhan Maha Penghukum dan Maha Pendendam. Tuhan tidak punya beban untuk para makhluk-Nya. Tak satu pun yang bisa menghalangi kemauan-Nya. Termasuk memaafkan hamba-Nya yang berlmuran dosa. Temuilah Tuhan sesuai kemampuan­nya, “barang siapa yang berjalan pasti sampai” (man sara washala). Dan “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil” (man jadda wajada).

Baca juga : Meningkat Dari Tafakkur ke Tadzakkur

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 3, edisi Minggu, 03 Maret 2024 dengan judul "Meraih Berkah Bulan Sya’ban (17) Road Map Menjumpai Tuhan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense