Dark/Light Mode

Meraih Berkah Bulan Sya`Ban (11)

Meningkat Dari Tawakkal Ke Taslim (1)

Jumat, 23 Februari 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasrah adalah salahsatu derajat paling tinggi di mata Allah SWT. Kepasrahan diri kepada Allah SWT bertingkat-tingkat. Ada yang pasrah dalam arti tawak­kal, yaitu pasrahnya seseorang kepada Allah SWT tetapi masih menggunakan logika dan perhitungan. Mislanya seseorang yang memasrahkan diri kepada Allah SWT setelah melakukan proses keamanan yang ketat, ke­mudian berdoa dan memasrahkan keamanan diri dan hartanya kepada Allah SWT. Kepasrahan seperti ini menampilkan diri dalam porsi lebih aktif ketimbang sifat hakekat kepasrahan itu sendiri.

Baca juga : Meningkat Dari Shadiq Ke Shiddiq 

Sikap pasrah dalam arti tawakkal didukung oleh Rasu­lullah SWT, sebagaimana dijelaskan dalam satu riwayat, yakni suatu ketika Rasulullah SAW menerima beberapa tamu dari luar kota di Madina. Salahseorang di antara tamunya ditanya, dimana kamu menambatkan untamu? Sang pemuda menjawab saya tidak menambatkannya karena saya sudah bertawakkal kepada Allah SWT, lalu ia memohon Rasulullah SAW mendoakan agar untanya aman. Rasulullah SAW menegur pemuda itu dengan mengatakan tambatkan dulu untanya baru bertawakkal kepada Allah SWT. Tawakkal seperti ini juga pernah disinggung Allah SWT dalam Al-Qur’an, yakni: “Dan hanya kepada Allah hendaknya kalian bertawakkal, jika kalian benar-benar orang yang beriman” Q.S. al-Ma’idah/5:23).

Baca juga : Meningkat Dari Syukur Dan Syakur

Tawakkal tidak bisa diartikan kepasrahan secara passif, yang menyiratkan unsur kemalasan, keputusasaan, dan sikap minimalisme, tatapi kepasrahan secara aktif, sesuai kapasitas manusia sebagai hamba dan khalifah yang menuntut tanggung jawab. Tidak bisa berdiam diri dengan pasif saat kita didera penyakit, tetapi kita harus berusaha mencari cara penyembuhan, sebagaimana diperintahkan Rasulullah SAW: “Berobatlah wahai hamba Allah, karena Allah menciptakan penyakit dan obatnya.” (HR. al-Tirmi­dzi).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.