BREAKING NEWS
 

Renang Boleh, Yang Nggak Boleh Kumpul-Kumpulnya

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 23 Januari 2021 09:20 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dr Reisa Brotoasmoro. (Foto: Twitter)

 Sebelumnya 
Kalau pun terpaksa berinteraksi, dokter lulusan Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Pelita Harapan (UPH) ini menyarankan menggunakan masker. Sebab, penularan Covid-19 terjadi melalui droplet. Sebelum jatuh karena tertarik gravitasi, droplet ini berada di udara. Bisa saja terhisap orang lain.

“Yang penting, ketika interaksi, setiap orang harus membatasi dan melindungi dirinya,” tegas Reisa.

Baca juga : Nina Betschart, Lagi Naik Daun

Begitu pun dengan bersepeda. Reisa bilang, tak masalah kegiatan itu dilakukan jika tetap memakai masker. Masalahnya, sesudah gowes, orang-orang kerap kumpul-kumpul, makan bareng. "Kalau makan nggak mungkin pakai masker ya. Terus ngobrol. Olahraganya sih sudah terproteksi, tapi pas makan dan kumpulnya, lepas proteksinya,” sesal ibu dua anak itu.

Reisa mengungkapkan, pada masa pandemi, olahraga memang disarankan agar imunitas tubuh naik. Meski begitu, World Health organization (WHO) menyarankan olahraga dilakukan dengan intensitas ringan sampai sedang. Sebab, jika dilakukan dengan intensitas berat, tubuh perlu waktu yang lebih lama untuk kembali fit seperti semula.

Baca juga : Villa Di Puncak Nggak Boleh Disewakan

WHO juga menyarankan, olahraga lebih baik dilakukan di rumah saja. Cukup lakukan selama 15 sampai 20 menit. Tanpa alat pun, bisa. Misalnya, mengikuti panduan gerakan-gerakan yang ada di YouTube, atau dari media sosial lain.

Reisa memaklumi, banyak orang yang bosan berolahraga di rumah. Mereka ingin mencari udara segar di tempat terbuka. Misalnya, taman. Yang jadi masalah, ini dalam situasi pandemi. Angka penularan Corona pun tengah tinggi.

Baca juga : Peran Perpustakaan Tak Boleh Kalah Sama Medsos

Reisa kembali mengingatkan, jika ingin berolahraga di luar, pastikan tetap menerapkan protokol kesehatan. Apalagi, di kota-kota yang termasuk zona merah, seperti Jakarta. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense