BREAKING NEWS
 

Hindari Makan Bersama, Jangan Sampai Tertular Covid

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 31 Januari 2021 18:08 WIB

 Sebelumnya 
Terkait hal ini, Epidemiolog Universitas Indonesia yang juga Juru Bicara Nasional Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menyatakan, telah ada juga penelitian yang menemukan indikasi, bahwa penularan kepada sejumlah tenaga kesehatan terjadi saat mereka istirahat untuk makan dan terpaksa membuka masker.

Adsense

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, #MediaLawanCovid19 merasa perlu untuk mengkampanyekan gerakan “Hati-hati saat Makan Bersama”. Dengan harapan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan. Untuk itu, #MediaLawanCovid19 merekomendasikan protokol kesehatan di bawah ini, dalam makan bersama:

1. Pastikan hanya ada sedikit orang (seperempat kapasitas ruang makan).

Baca juga : Ayo Kita Disiplin Jalankan Prokes, Bantu Pemerintah Tangani Covid

2. Pilih ruang terbuka (simulasi udara lancar).

3. Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak (1,5 meter jika bersebelahan, dan 2 meter jika berhadapan).

4. Jangan berbicara saat makan (kenakan masker saat bicara).

Baca juga : Menko PMK Meninjau, Doni Pantau Penanganan Gempa Sulbar Via Online

5. Jangan lama-lama, batasi waktu makan (30 menit).

#MediaLawanCovid19 adalah sebuah inisiatif bersama kalangan media, untuk menyebarkan berbagai konten edukatif secara masif dalam upaya memerangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Inisiatif ini pada awalnya diikuti oleh lebih dari 50 media nasional dan daerah dari berbagai platform, yaitu televisi, radio, media cetak, media siber serta media sosial.

Baca juga : Virus Nipah, Ancaman Baru Setelah Covid-19

Inisiatif ini muncul secara spontan dari kalangan media dan bersifat independen, tanpa terafiliasi dan dibiayai oleh pihak mana pun. Dengan begitu, kerja-kerja jurnalistik tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya, dengan tetap menjunjung azas independensi.

Melalui kerja berjaringan ini, berbagai pesan penting dalam upaya memerangi penyebaran virus Covid-19 diharapkan dapat tersebar luas dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara cepat. Hal ini menjadi amat penting, karena penyebaran Covid-19 tampaknya semakin random dan luas. Sementara, kesadaran publik belum terbangun secara sistematis. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense