BREAKING NEWS
 

Mat Bagan Siap Pantau dan Sentil Kebijakan Anies

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : UJANG SUNDA
Selasa, 8 Oktober 2019 14:02 WIB
Aktivis dan pemerhati Kota Jakarta, Sugiyanto, saat mendeklarasikan lembaga Maju Kotanya Bahagia Warganya (Mat Bagan). (Foto: Faqih Mubarok/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktivis dan pemerhati Kota Jakarta, Sugiyanto, mendeklarasikan lembaga Maju Kotanya Bahagia Warganya (Mat Bagan). Lembaga ini bertujuan membantu warga Jakarta menyampaikan aspirasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, maupun kepada DPRD DKI Jakarta.

"Mat Bagan akan mendukung upaya-upaya Pak Gubernur untuk membahagiakan dan menyejahterakan warganya. Tetapi tentunya, kami juga akan memantau dan menyampaikan kritik yang membangun agar manfaat pembangunan bisa dirasakan warga," ujar pria yang akrab disapa SGY ini saat deklarasi Mat Bagan, di Bakoel Koffie, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/).

Baca juga : Jangan Makan Malam dan Jangan Langsung Tidur

Tuut hadir dalam deklarasi, Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) Rico Sinaga, Direktur Eksekutif Jakarta Public Service M Syaiful Jihad, serta aktivis Rizal Kobar.

Adsense

SGY melanjutkan, bagi warga Jakarta yang ingin menyampaikan aspirasi, keluhan soal fasilitas publik, ataupun kritikan lainnya, dapat menyampaikannya melalui berbagai kanal milik lembaganya. Sepeti melalui email matbaganjakarta@gmail.com. Juga melalui akun media sosial Facebook Matbagan Majukotanya Bahagia Warganya, akun Twitter @MatbaganJ (MATBagan Jakarta) serta lewat akun Instagram @matbaganjakarta30062019.

Baca juga : Indonesia Siap Pamer Kemampuan Industri 4.0 di Hannover Messe 2020

"Selain itu, warga juga bisa menyampaikan keluh kesahnya melalui nomor HP atau WA di 081219283422 atau kirim surat langsung dengan alamat Jalan Enim, Nomor 5, RT 02, RW 02, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara," ungkap SGY.

Selain mengandalkan laporan warga lewat berbagai media tersebut, SGY dan jajarannya akan berperan aktif melakukan pencarian data dan investigasi berbagai  persoalan dan masalah yang ada di Ibu Kota. Kerja-kerja ini dilakukan sesuai amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca juga : Berharap Pada Senayan Baru

"Kita juga akan terus mengawal janji Gubernur Anies Baswedan saat Pilkada yang lalu agar segera ditunaikan dengan baik. Juga kerja-kerja anggota dewan di Kebon Sirih," ujar SGY.

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch, Amir Hamzah, menuturkan, lembaga ini sesuai dengan keinginan Anies Baswedan menerapkan pola partisipatif kolaboratif dalam membangun Jakarta. "Mat Bagan bisa menjadi fungsi kontrol. Agar 23 janji dan program pembagunan Anies Baswedan bisa terlaksana dengan baik dan tentu dengan tidak melanggar aturan," tandasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense