BREAKING NEWS
 

Keren, Kolong Tol Disulap Jadi Taman Bermain Dan Kebun Sayur

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Senin, 16 November 2020 07:18 WIB
Kebun sayur yang berada di kolong tol Becakayu di Cipinang Melayu, Jakarta Timur. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Bike Park ini satu satunya taman bersepeda di tengah kota menggunakan media tanah sebagai track. Sejumlah orang dewasa juga terlihat asyik bermain di atas track. Satu persatu dari mereka menunjukkan keahliannya melompati gundukan lintasan.

Adsense

Mereka tetap memakai masker dan menjaga jarak. Tak terlihat ada kerumunan. “Saya biasa main di kolong Flyover Pasar Rebo, Jakarta Ti mur (Jaktim). Lihat di media sosial, ada track baru di Becakayu, jadi nyoba deh,” kata Ardian, warga Halim, Jaktim ini.

Pengguna sepeda jenis Bike Motorcross alias BMX ini berharap, ruang publik yang ada lintasan sepeda semacam ini diperbanyak. “Kalau bisa seluruh kolong, lahan kosong dijadikan taman bermain dong, tapi ada lintasan sepedanya. Soalnya saat ini sudah kurang lahan bermain,’’ saran Ardian.

Baca juga : PKS Tolak Sirekap Pedoman Hitungan Suara

Warga di sekitar kawasan ini, Rahmi mengaku senang dengan adanya taman bermain tersebut. Dia mengantarkan anakanaknya bermain di ruang publik ini. “Mumpung akhir pekan, nga jak bocah main sepeda di sini,” ungkapnya.

15 Macam Sayuran

Kolong Tol Becakayu yang dibenahi itu tak hanya di area RW 03 saja, tapi juga di RW 01, RW 02, RW 04, dan RW 06. Panjangnya sekitar 5 kilometer (KM). Di sisi RW 01, di pinggir kali disulap menjadi perkebunan sayur.

Baca juga : Ungguli Trump di Georgia, Biden Makin Dekat Ke Gedung Putih

Kebun tersebut ditanami 15 macam jenis tanaman seperti kol, cabe, timun suri, kacang panjang, singkong, jagung, cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, kangkung, terong dan lainnya. “Warga sekitar diperkenan kan untuk mengambil sayuran yang sudah layak dipanen. Silakan saja,” ungkap Lurah Cipinang Melayu, Agus Sulaeman.

Dipaparkannya, di RW 03, di lahan seluas 200 meter persegi yang dijadikan ruang publik Pilar Jati Bike Park ini adalah milik PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pengelola Tol Becakayu dengan Perum Jasa Tirta II. Ruang publik ini dibangun tanpa menggunakan dana pemerintah.

Gundukan tanah dan alat berat dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Wika) dari proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB). “Ruang publik ini telah dibuka untuk umum sejak 1 November lalu. Ini kolaborasi banyak pihak,” ujar Agus.

Baca juga : Keren! Alfin Frans, Alumni FH Unpad Beri Beasiswa Di Kapal Pesiar

Selain trek sepeda dan kebun sayur, saat ini masih terdapat tiga area kolong tol lainnya yang masih menunggu masukan warga untuk pemanfaatannya. “Bisa sebagai taman edukasi, taman kota dan sebagainya. Jadi setiap area punya karakteristik masing-masing,” ungkapnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense