BREAKING NEWS
 

Antisipasi Banjir Di Jakarta

Pemprov Siapkan 30 Tenda Pengungsi Dan 6 Dapur Umum

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Kamis, 19 November 2020 05:53 WIB
Ilustrasi para pengungsi korban banjir di Kelurahan Bidara Cina, Jatinegara, Jumat (3/1). (Foto : Sophan Wahyudi/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengantisipasi banjir dengan mempersiapkan 30 unit tenda, 34 kendaraan operasional, dan dapur umum di enam lokasi untuk pengungsi.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ika Yuli Rahayu mengungkapkan, pihaknya telah menyiagakan 1.600 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan 90 orang Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB).

Baca juga : PAN Beri Panggung Politik Buat Kaum Muda

Selain itu, 84 Kampung Siaga Bencana (KSB) disiagakan di daerah rawan bencana yang tersebar di lima wilayah kota administrasi di ibukota. Tak hanya itu, berbagai sarana juga disiapkan. “Kami menyiapkan tenda 30 unit, kendaraan operasional 34 unit, dapur umum ada enam lokasi yang disiagakan,’’ ungkap Ika, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan KSB di 84 kelurahan, sebagai persiapan tambahan dapur umum mandiri yang dilakukan secara spontan oleh masyarakat yang tidak terdampak bencana.

Baca juga : Bos BRI Siapkan Bantalan

Ika menjelaskan, persiapan ini merupakan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 58 Tahun 2020 Perihal Kesiapsiagaan dan Antisipasi Ancaman Bencana Banjir dan Angin Kencang Pada Musim Hujan di Masa Pandemi Covid-19 yang diturunkan kembali melalui Instruksi Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Nomor 38 Tahun 2020.

Dalam instruksi itu, antara lain yang ditekankan mengantisipasi potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal. Terutama di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang berbatasan langsung dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan dan lereng. ‘’Ini mengingat pernah ter- jadi longsor di daerah tersebut,” jelasnya.

Baca juga : Satgas Ajak Pemprov Kaltim Tingkatkan Pencegahan Covid-19

Dia mengingatkan, seluruh petugas untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat melakukan pelayanan ke masyarakat. Seperti memakai masker, disiplin menjaga jaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense