BREAKING NEWS
 

Pemprov DKI Siapin 17.900 Petak Makam Baru Khusus Covid-19

Reporter & Editor :
FAQIH MUBAROK
Rabu, 27 Januari 2021 22:04 WIB
Petugas pemakaman saat melakukan pemakaman terhadap korban Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur. (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 17.900 petak pemakaman baru untuk jenazah Covid-19 di beberapa lahan tempat pemakaman umum (TPU) yang tersebar di Ibu Kota. Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta, lahan-lahan tersebut tengah disiapkan dan ditingkatkan kapasitasnya untuk menampung jenazah dengan protokol Covid-19 di Jakarta.

Petak lahan makam baru disiapkan di enam lokasi. Pertama di TPU Bambu Apus 2, Bambu Wulung, Jakarta Timur, dengan luas total 5 hektar, luas pakai 3.000 m2, daya tampung 800 petak.

Kedua, TPU Srengseng Sawah 2, Jakarta Selatan dengan luas total 3,4 hektar, luas pakai 1,2 ha, daya tampung 1.900 petak.

Ketiga TPU Tegal Alur, Jalan Sahabat, Jakarta Barat dengan luas total 1,3 hektar, luas pakai 5.000 m2 dengan daya tampung 800 petak.

Baca juga : Ngeri... Tiap Hari Jakarta Kubur 92 Jenazah Covid

Keempat, TPU Rorotan di Jakarta Utara dengan luas total 25 hektar dengan prioritas 2 ha), luas pakai 8.100 m2, daya tampung 1.500 petak.

Kelima, RTH Jalan Kramat 3, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dengan luas total 5,2 hektar dan berdaya tampung 9.000 petak.

Adsense

Keenam, RTH Jalan Raya Pondok Gede, Dukuh II, Kramat Jati, Jakarta Timur, dengan luas 2,1 hektar berdaya tampung 3.900 petak.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sempat melakukan peninjauan ke TPU Rorotan, Jakarta Utara. "Saya sengaja datang ke tempat (lahan) pemakaman Covid-19 di Rorotan. Kita ketahui memang dalam beberapa minggu ini ada peningkatan kasus aktif, walau persentase kematian hanya 1,6 persen, kami harus terus menyiapkan lahan pemakaman," kata Riza di Rorotan, Rabu (27/1).

Baca juga : Pemprov Jabar Perkuat Puskesmas Tangani Covid-19

Menurut Riza, TPU Rorotan memiliki luas 25 ha lahan untuk pemakaman dan sebanyak 8.000 meter sudah siap dengan kapasitas 1.500 petak makam.

"Insya Allah minggu depan sudah bisa difungsikan. Sekarang dalam proses penyiapan lahan dan akses jalan menuju tempat pemakaman," yakin Riza.

Meski sudah dipersiapkan beberapa pemakaman baru, Wagub berharap, angka kematian terus menurun, serta wabah Covid-19 dapat segera dikendalikan dan ditangani dengan baik.

"Kita terus berupaya agar ke depan tempat-tempat pemakaman ini tidak diisi lagi. Tentu harus dengan dukungan dari masyarakat, mari kita terus laksanakan protokol kesehatan dengan baik, 3M, hidup sehat, teratur, bersih, disinfektan selalu dilakukan di rumah, dibersihkan. Jangan lupa hand sanitizer, berolahraga, berjemur, kemudian makan yang bergizi, herbal, dan sebagainya," sarannya.

Baca juga : Gubernur Koster Jadi Yang Pertama Divaksin Covid-19 Di Bali

Wagub mengklaim, penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta sudah dilakukan dengan baik. Angka kesembuhan saat ini persentasenya sudah 89,2 persen. Dia yakin, dengan kebijakan PSBB 26 Januari-8 Februari, akan ada penurunan kasus.

"Tentu dengan dukungan rumah sakit, tenaga kesehatan, yang paling penting dari masyarakat sendiri. Semua berpulang pada kita warga Jakarta untuk berdisiplin," pungkasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense