BREAKING NEWS
 

Cegah Ledakan Pengunjung

Ganjil Genap Diberlakukan Di Kawasan Lokasi Wisata

Reporter & Editor :
APRIANTO
Jumat, 17 September 2021 06:55 WIB
Pemprov DKI Jakarta bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem Ganjil Genap di sepanjang jalan menuju lokasi wisata. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem Ganjil Genap (Gage) di sepanjang jalan menuju lokasi wisata yang diizinkan buka selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Tujuannya, untuk membatasi kendaraan roda empat ke tempat wisata.

Kebijakan ini diatur Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1096 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca juga : Mahfud MD: Misi Mulia Insan Perhubungan Mempersatukan Bangsa

Dalam poin kesembilan disebutkan, kegiatan pada area publik dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan massa seperti fasilitas umum, area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan fasilitas publik lainnya ditutup sementara.

Kemudian, untuk tempat wisata yang dibolehkan buka, harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga : OTT KPK Dilakukan Di Kabupaten Hulu Sungai Utara

Dalam Kepgub, jam operasional tempat wisata dibatasi. Para pengelola wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk screening semua pengunjung dan pegawai. Anak dengan usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki tempat wisata. Ketentuan lainnya, untuk tempat wisata yang boleh buka, mengikuti uji coba ketentuan Kemenparekraf. Serta, akan diterapkan rekayasa lalu lintas Ganjil Genap.

“Penerapan Ganjil Genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 WIB hingga Minggu pukul 18.00 WIB,” tulis Anies dalam Kepgubnya.

Baca juga : Pelatihan Pengujian Kalibrasi Alkes Pertama Di Indonesia Digelar Di Jakarta

Rencana penerapan Gage di jalan menuju lokasi wisata sebelumnya disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Langkah itu diambil merespons tingginya pengunjung di tempat wisata Pantai Pangandaran, Jawa Barat, belakangan ini.

“Tujuannya untuk mengurangi kendaraan yang datang ke tempat wisata. Jangan seperti kasus Pangandaran minggu lalu, pengunjungnya luar biasa banyak,” kata Luhut saat pengumuman perpanjangan PPKM, awal pekan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense