BREAKING NEWS
 

Covid-19 Di Daerah Naik

Jangan Panik, Jangan Parno

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Jumat, 26 November 2021 06:25 WIB
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Getty Imsges-loops7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tren kenaikan kasus positif Covid-19 masih terjadi. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), saat ini ada 19 daerah yang dipantau ketat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, 19 daerah dengan tren kenaikan kasus Covid ini tersebar di 13 provinsi dari Sumatera sampai Papua.

Nadia membeberkan, Fak-fak dan Purbalingga mengalami kenaikan kasus selama empat minggu berturut-turut. Sementara, 17 kabupaten/kota lainnya mengalami kenaikan rata-rata dua pekan berturut-turut.

“Tren kenaikan itu dihitung oleh Kemenkes berdasarkan parameter penambahan yang melebihi 10 kasus dalam dua pekan di setiap daerah,” jelas Nadia.

Baca juga : Jadi Provinsi Terbaik Dalam Layanan Investasi 2021, Jateng Top Markotop

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 ini juga meminta seluruh Pemerintah Daerah (pemda) giat melakukan akselerasi vaksinasi. Hal ini untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) yang ditargetkan Pemerintah.

“Kita tahu perjalanan kita untuk bagaimana kita mengupayakan vaksinasi betul-betul bisa berjalan sesuai harapan ya. Artinya bisa berkontribusi terhadap penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Sesuai data yang dibagikan Kemenkes, 19 daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 yakni Jawa Barat (Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya). Jawa Tengah (Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Pekalongan)

Kemudian Jawa Timur (Kabupaten Nganjuk) dan Sumatera Utara (Kabupaten Padang Lawas Utara). Sumatera Selatan (Kota Palembang) dan Sumatera Barat (Kota Bukittinggi).

Baca juga : Sip, Jangan Cuti Dan Keluar Kota!

Lalu Lampung (Kabupaten Lampung Utara dan Kota Bandar Lampung). Di Aceh, Lhokseumawe menjadi kota dengan tren kenaikan kasus Covid-19 tertinggi. Di Kepulauan Bangka Belitung ada Kabupaten Belitung Timur.

Kalimantan Barat (Kabupaten Sanggau, Kabupaten Melawi, Kota Pontianak). Lanjut di Kalimantan Timur (Kabupaten Kutai Timur). Maluku (Kabupaten Tanimbar). Papua Barat (Kabupaten Fak Fak).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemantauan 19 daerah tersebut dilakukan untuk memastikan tidak terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19. Terutama menjelang Natal dan tahun baru (Nataru).

Adsense

“Kami mengamati situasi pandemi di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, semuanya masih baik. Jadi kita tidak perlu khawatir, tapi kita memonitor yang memiliki potensi ada kenaikan kasus,” kata Budi.

Baca juga : FSBI Ingatkan Buruh Jangan Mau Ditunggangi Kepentingan Partai

Dia mengatakan, berdasarkan pantauan pihaknya, kenaikan kasus konfirmasi masih dalam jumlah yang relatif kecil serta positivity rate dan keterisian tempat tidur di rumah sakit yang masih rendah. Seperti di Fakfak, Purbalingga, dan Lampung Utara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense