BREAKING NEWS
 

Jokowi Minta Dukungan Rusia Dalam Presidensi G20 Indonesia

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Selasa, 14 Desember 2021 10:54 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolay Patrushev di Istana Negara, Senin (13/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyambut kedatangan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolay Patrushev di Istana Negara, Senin (13/12). 

Dalam pertemuan itu, orang kepercayaan Presiden Rusia, Vladimir Putin membahas sejumlah kerja sama Rusia dengan Indonesia, ASEAN hingga Presidensi G20.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia akan meliputi keamanan informasi internasional. Kerja sama itu rencananya difinalisasi siang ini, Selasa (14/12).

Baca juga : Rebutan Perhatian, AS Dan Rusia Kirim Petingginya Ke Indonesia

"Presiden menyambut baik penandatanganan MoU kerja sama bidang keamanan informasi internasional antara Indonesia dan Rusia yang akan dilakukan oleh Menko Polhukam dan Secretary Patruchev besok," kata Retno usai pertemuan, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (13/12).

Adsense

Pada pertemuan itu, Jokowi meminta dukungan Rusia pada Presidensi G20. Jokowi juga mengharapkan dukungan Rusia saat Indonesia memimpin ASEAN pada 2023.

Retno menyebut pertemuan Patrushev juga menegaskan komitmen Indonesia dalam perdamaian dunia. Indonesia membuka komunikasi dengan berbagai pihak untuk membangun kepercayaan strategis.

Baca juga : RI Sebagai Presidensi G20 Dipuji Para Tamu Dan Delegasi

"Strategic trust ini diperlukan untuk membangun dunia yang damai, stabil, dan sejahtera. Indonesia memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk berkontribusi menciptakan dunia yang damai, stabil dan sejahtera," tuturnya.

Terpisah, Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia menyampaikan komitmen dalam mendukung Indonesia. Rusia menyoroti peran Indonesia dalam pembangunan ASEAN.

"Nikolay Patrushev menekankan komitmen Rusia untuk melestarikan arsitektur keamanan moderen di wilayah Asia-Pasifik dan mengapresiasi pendekatan konstruktif yang dilakukan Jakarta dalam menjalankan peran sebagai koordinator dialog Rusia-ASEAN," dikutip dari keterangan tertulis Kedubes Rusia untuk Indonesia. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense