BREAKING NEWS
 

Jutaan Orang Tinggalkan Jakarta

Urusan Liburan, Rakyat Tak Bisa Dilarang-larang

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : ADITYA NUGROHO
Minggu, 26 Desember 2021 06:50 WIB
Ilustrasi. Antrean kendaraan menuju jalur wisata Puncak di tol Jagorawi, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Jika dibanding Natal tahun 2020 lalu, untuk pergerakan pesawat cenderung sama dikarenakan masih di situasi pandemi. “Jadi karena masih pandemi untuk jumlah pesawat sendiri kurang lebih sama. Tapi untuk penumpang sendiri tingkat keterisiannya lebih baik dari tahun lalu,” urainya.

Namun, lalu lintas orang yang ke luar kota dengan menggunakan bus, justru relatif sedikit. Di Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Terpadu Pulogebang, jumlah penumpang masih relatif normal. Kalaupun ada kenaikan, hanya sekitar 30 persen dibanding hari biasa.

“Untuk penumpang masih landai. Kalaupun terjadi peningkatan, itu hanya Kamis (24/12). Tapi peningkatannya sedikit dari 600 penumpang menjadi 700-an penumpang. Itu artinya peningkatannya relatif sedikit,” sebut Kepala Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Baca juga : Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Siap Amankan Natal Dan Libur Akhir Tahun

Selain lewat darat dan udara, warga yang pergi tinggalkan Ibu Kota juga padat lewat jalur laut. PT ASDP Indonesia Ferry menghitung penumpukan penumpang di pelabuhan telah terjadi dari seminggu yang lalu. ASDP telah menyeberangkan lebih dari 248.000 orang dan 58.000 unit kendaraan dari Jawa menuju Sumatera, melalui lintasan tersibuk Merak-Bakauheni.

Adsense

Lantas kemana saja orang itu pergi? Di berbagai daerah yang selama ini jadi lokasi tujuan wisata, tercatat terjadi peningkatan. Di Bali, sejak 1 pekan lalu, sudah banyak wisatawan lokal yang datang untuk berlibur.

“Tadi laporan dari Kepala Terminal mengatakan, enam hari ini atau satu minggu ini ada peningkatkan dibanding tahun lalu. Tahun lalu itu bahkan terjadi peningkatan 200 persen kedatangan,” ucap Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putera.

Baca juga : Jalan Trans Papua Segera Dibangun

Peningkatan kedatangan wisatawan domestik juga terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lalu lintas pesawat dan penumpang di Bandara Adisutjipto DIY mengalami peningkatan selama Nataru. Rata-rata penumpang harian meningkat 20 persen dibanding biasa.

General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan sampai dengan tanggal 23 Desember, Bandara Adisutjipto mencatatkan 21.000 penumpang. Hal tersebut merupakan peningkatan jika dibandingkan keseluruhan bulan November yaitu 22.000 penumpang.

“Sehingga selama bulan Desember ini terdapat peningkatan sekitar 20 persen untuk rata-rata jumlah penumpang harian,” kata Agus.

Baca juga : Jokowi Minta Menteri Tingkatkan Target Sertipikat Tanah Di Kaltara

Tak hanya di luar kota, tempat wisata di Ibu Kota di libur Natal ini juga padat. Di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, warga yang datang untuk liburan sudah mencapai 9.879 orang. Itu pun, data yang tercatat pada pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense