Dark/Light Mode

Jokowi Minta Menteri Tingkatkan Target Sertipikat Tanah Di Kaltara

Selasa, 21 Desember 2021 21:47 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan sertipikat hak atas tanah untuk rakyat di Gedung Tenis Tertutup Telaga Keramat, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (21/12). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi menyerahkan sertipikat hak atas tanah untuk rakyat di Gedung Tenis Tertutup Telaga Keramat, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (21/12). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali bagi bagi sertipikat tanah gratis. Kali ini,  Jokowi menyerahkan 13.455 sertipikat hak atas tanah kepada masyarakat di Kota Tarakan dan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). 

Penyerahan sertipikat dilakukan di Gedung Tenis Tertutup Telaga Keramat, Kota Tarakan,  Selasa (21/12).

“Saya senang semuanya telah memegang sertipikat. Ini adalah kepastian hukum hak atas tanah yang Bapak-Ibu miliki,” ujar Presiden dalam sambutannya saat penyerahan berlangsung.

Baca juga : HUT Polhut Ke-53, Menteri LHK: Tingkatkan Semangat Jaga Hutan Dari Kejahatan Dan Kehancuran

Presiden mengatakan, bahwa dirinya sering mendengar keluhan masyarakat terkait sengketa tanah. Presiden pun meminta jajarannya untuk mempercepat penyelesaian urusan sertifikat agar masyarakat bisa mendapatkannya dengan segera.

“Saya perintahkan ke Pak Menteri pada saat itu, di atas heli. ‘Pak yang milik masyarakat ini segera disertifikatkan dan berikan kepadanya, supaya enggak nanti tahu-tahu datang orang dari luar entah dari Jakarta, entah dari luar, tahu-tahu pegang hak guna usaha atau sertifikat hak milik,” tuturnya.

Dalam lima tahun terakhir, lanjut Jokowi Pemerintah telah memberikan sekitar 25 juta sertipikat kepada masyarakat. Sebanyak 41 juta sertipikat lainnya sudah jadi dan siap diberikan kepada masyarakat. 

Baca juga : Presiden Jokowi Luncurkan 1.604 Sertifikat Badan Hukum BUMDesa

Presiden pun mengapresiasi pihak yang bekerja keras untuk mempercepat penyelesaian sertipikat tersebut.

“Saya terima kasih pada Kanwil BPN, Kantor BPN di kabupaten/kota yang saya dengar memang bekerja keras untuk menyelesaikan yang namanya sertipikat. Jangan sampai ada yang urus sertipikat sampai bertahun-tahun belum selesai, enggak ada. Sekarang ini sudah langsung berikan dan cepat,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan target penyerahan sertipikat tanah kepada masyarakat di Kaltara  pada tahun 2022.

Baca juga : Datang Ke Kaltara, Jokowi Bagikan Sertipikat Tanah Ke Warga

“Saya minta untuk tahun 2022, Pak Menteri, di Provinsi Kaltara, tolong bisa ditingkatkan 50 persen lagi ditambah targetnya,” tandasnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.