BREAKING NEWS
 

Asal Sudah Divaksin Dan Tak Miliki Komorbid

Perintah Pak Luhut, Silakan Jalan-jalan

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : SISWANTO
Selasa, 15 Februari 2022 08:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dalam keterangan pers PPKM yang dilaksanakan secara virtual, Senin (14-02-2022). (Foto: Dok. maritim.go.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencegah penularan Covid-19, biasanya, pemerintah menganjurkan agar masyarakat diam di rumah saja. Tapi, kemarin, panglima PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, justru memerintahkan warga jalan-jalan saja. Syaratnya; sudah divaksin lengkap dan tidak memiliki komorbid alias penyakit penyerta. Menanggapi anjuran ini, warganet sorak sorai.

Dasar Luhut bolehin warga yang sudah divaksin lengkap jalan-jalan, adalah data kasus kematian. Dia bilang, 60 persen pasien Omicron yang meninggal dunia merupakan orang-orang yang belum divaksin. Sisanya, meninggal karena penyakit penyerta atau komorbid dan lanjut usia.

“Enam puluh persen kalau saya gak keliru tadi,” kata Luhut dalam konferensi pers yang digelar kemarin.

Baca juga : Mahfud: Raih Dukungan Publik, Pemerintah Akui Andalkan Pers

Karena itu, Luhut mengimbau warga tak perlu khawatir berlebihan. Asal sudah divaksin lengkap dan tak punya penyakit bawaan, silakan jalan-jalan.

“Jalan-jalan saja. Nggak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan,” tandasnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi ini memastikan belum ada rencana untuk memperketat pengawasan aktifitas warga. Menurutnya, pemerintah malah sedang berupaya melakukan pelonggaran.

Baca juga : Menkominfo Perintahkan Pembatasan Kerja Di Kantor

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkuat pernyataan Luhut, benar ada 3 kelompok yang mengalami gejala berat jika terinfeksi Omicron. Pertama, sudah tua; kedua, komorbid; ketiga, belum divaksin lengkap.

Adsense

“Ini yang bisa kita lakukan, vaksin cepat-cepat,” imbau Menkes, kemarin.

Ia juga membenarkan, pasien Covid- 19 yang meninggal atau masuk ICU, 60 persen lebih belum divaksinasi atau belum divaksin lengkap.

Baca juga : Pemerintah Fokus Pake AstraZeneca Di Triwulan Pertama

Di dunia maya, berita ini langsung disambut hangat warganet. Akun @ towekk adalah salah satu netizen yang dengan senang dibolehin jalan-jalan sama Luhut. “Siap.. Noted. Boleh mudik berarti,” simpulnya. “Siap pak Luhut idolaku sang pemimpin antariksa,” timpal @Efebeeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense