Dewan Pers

Dark/Light Mode

Asal Sudah Divaksin Dan Tak Miliki Komorbid

Perintah Pak Luhut, Silakan Jalan-jalan

Selasa, 15 Februari 2022 08:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dalam keterangan pers PPKM yang dilaksanakan secara virtual, Senin (14-02-2022). (Foto: Dok. maritim.go.id).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan dalam keterangan pers PPKM yang dilaksanakan secara virtual, Senin (14-02-2022). (Foto: Dok. maritim.go.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencegah penularan Covid-19, biasanya, pemerintah menganjurkan agar masyarakat diam di rumah saja. Tapi, kemarin, panglima PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, justru memerintahkan warga jalan-jalan saja. Syaratnya; sudah divaksin lengkap dan tidak memiliki komorbid alias penyakit penyerta. Menanggapi anjuran ini, warganet sorak sorai.

Dasar Luhut bolehin warga yang sudah divaksin lengkap jalan-jalan, adalah data kasus kematian. Dia bilang, 60 persen pasien Omicron yang meninggal dunia merupakan orang-orang yang belum divaksin. Sisanya, meninggal karena penyakit penyerta atau komorbid dan lanjut usia.

“Enam puluh persen kalau saya gak keliru tadi,” kata Luhut dalam konferensi pers yang digelar kemarin.

Berita Terkait : Mahfud: Raih Dukungan Publik, Pemerintah Akui Andalkan Pers

Karena itu, Luhut mengimbau warga tak perlu khawatir berlebihan. Asal sudah divaksin lengkap dan tak punya penyakit bawaan, silakan jalan-jalan.

“Jalan-jalan saja. Nggak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan,” tandasnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi ini memastikan belum ada rencana untuk memperketat pengawasan aktifitas warga. Menurutnya, pemerintah malah sedang berupaya melakukan pelonggaran.

Berita Terkait : Menkominfo Perintahkan Pembatasan Kerja Di Kantor

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkuat pernyataan Luhut, benar ada 3 kelompok yang mengalami gejala berat jika terinfeksi Omicron. Pertama, sudah tua; kedua, komorbid; ketiga, belum divaksin lengkap.

“Ini yang bisa kita lakukan, vaksin cepat-cepat,” imbau Menkes, kemarin.

Ia juga membenarkan, pasien Covid- 19 yang meninggal atau masuk ICU, 60 persen lebih belum divaksinasi atau belum divaksin lengkap.

Berita Terkait : Pemerintah Fokus Pake AstraZeneca Di Triwulan Pertama

Di dunia maya, berita ini langsung disambut hangat warganet. Akun @ towekk adalah salah satu netizen yang dengan senang dibolehin jalan-jalan sama Luhut. “Siap.. Noted. Boleh mudik berarti,” simpulnya. “Siap pak Luhut idolaku sang pemimpin antariksa,” timpal @Efebeeri.
 Selanjutnya