BREAKING NEWS
 

Membahayakan Semua Orang Di Kampung

Please, Yang Positif Covid Jangan Nekat Mudik Dong

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Rabu, 27 April 2022 06:10 WIB
Sejumlah pengendara sepeda motor antre melakukan verifikasi data dalam Mudik Gratis DKI Jakarta 2022 khusus sepeda motor di Terminal Pulo Gadung, Jakarta, kemarin. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat yang positif Covid-19 jangan nekat mudik. Ingat, orang tua di kampung halaman sudah sepuh dan rawan terinfeksi virus Corona.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry BHarmadi mengatakan, satgas di daerah akan terus siaga mengecek kondisi dan kelayakan pemudik. Apakah memenuhi syarat perjalanan, seperti sudah menerima vaksin booster atau menjalani tes dengan hasil negatif.

“Kalau ditemukan mereka yang positif sudah ada petugas di sana. Makanya satgas di daerah itu disiagakan bersama dengan TNI-Polri, satgas daerah termasuk petugas kesehatan,” kata Sonny dalam diskusi di kanal YouTube FMB9ID_ IKP, Senin (25/4).

Baca juga : Bolehkan Tarawih Di Metaverse, Ini Tanggapan Pakar Komunikasi Unair

Kata Sonny, jika ada pemudik yang ketahuan positif Covid-19, petugas akan langsung melakukan tindakan. Pemudik yang positif Covid-19 dengan gejala akan dibawa ke rumah sakit rujukan. Sementara bila pemudik tidak bergejala atau kasusnya ringan, akan dirujuk ke pusat isolasi setempat terdekat.

“Oleh karenanya kami mengimbau bagi mereka yang punya gejala atau tidak sehat, tidak mudik dulu,” imbaunya.

Sonny memastikan, pemudik yang ketahuan positif Covid-19 akan gagal pulang kampung karena harus melakukan isolasi.

Baca juga : Hindari KIPI, Vaksinasi Booster Jangan Mepet Saat Mudik

“Kalau nanti di lapangan ternyata ditemukan positif dan harus melaksanakan isolasi, katakan di tempat isolasi terpusat, ya harus mau. Karena itu cara kita mencegah penularan,” pungkasnya.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop I Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan, apabila ada calon penumpang yang positif Covid-19, yang bersangkutan akan diminta menuju ruang isolasi yang disediakan.

“Akan diarahkan untuk berkoordinasi dengan wilayah yang melakukan pemeriksaan lanjutan,” katanya.

Baca juga : 15 Tahun Peluru Bersarang Di Punggung, Wanita AS Jalani Hidup

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan, masyarakat yang mudik harus melengkapi vaksinasi Covid-19 dan betul-betul dalam kondisi sehat. atang tidak membawa oleh-oleh Covid-19, dan pulangnya tidak membawa oleh-oleh Covid-19.

“Saya mohon yang akan mudik betul-betul dalam kondisi fit,” ujarnya.

Adsense

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama berbagi tips mencegah penularan Covid-19 saat mudik. Pertama, masyarakat perlu segera mendapat vaksinasi booster. Bukan hanya bagi pemudik tapi juga keluarga di kampung halaman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense