Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenhub Siapkan 500 Bus Dan Truk Angkutan Gratis

Yang Mau Mudik Lebaran, Please Jangan Naik Motor

Senin, 4 April 2022 06:38 WIB
Ilustrasi Mudik Lebaran. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Mudik Lebaran. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menyelenggarakan Mudik Lebaran gratis tahun ini, setelah 2 tahun ditiadakan. 500 bus dan truk angkutan bakal disiapkan demi mengurangi penggunaan sepeda motor untuk transportasi pulang kampung.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, awalnya Pemerintah tidak menyiapkan mudik gratis selama setahun ke depan.

Namun, kebijakan itu berubah, karena untuk mengalihkan ke­cenderungan penggunaan sepe­da motor yang tinggi pada mudik tahun ini.

Baca juga : Menhub Pastikan Tidak Ada Penyekatan

“Arahan Pak Menteri Per­hubungan, minimal kami ada upaya agar mereka (pemudik) tidak menggunakan sepeda motor. Jadi, kami siapkan mudik gratis tahun ini,” kata Budi, kemarin.

Untuk mudik gratis, Ditjen Perhubungan Darat telah menyiapkan 500 unit bus, serta truk angkutan untuk mengangkut sepeda motor dari Jakarta ke beberapa kota tujuan mudik.

Beberapa kota tujuan mudik yang akan dilayani oleh Kemen­hub untuk mudik gratis, yaitu Semarang, Solo, Cilacap, Pur­worejo, Pemalang, Purwokerto, Tegal dan Yogyakarta.

Baca juga : Jokowi: Yang Mau Mudik, Jumlahnya 79 Juta, Jangan Dibandingkan Dengan MotoGP Mandalika

Untuk Jawa Barat, kata Budi, angkutan mudik gratis akan me­layani perjalanan ke Cirebon, Ta­sikmalaya, Kuningan dan Garut.

“Diperkirakan, angkutan Hali’s dari Kemenhub ini akan mem­bawa penumpang sekitar 22.500 orang mudik gratis,” ungkapnya.

Kemenhub juga telah meng­gandeng sejumlah kementerian/ lembaga dan perusahaan swasta untuk turut berpartisipasi dalam penyelenggaran mudik gratis.

Baca juga : Presiden Siapkan Basis Data Tunggal UMKM Yang Akurat

Antara lain, Dinas Perhubungan DKIJakarta, Kementerian BUMN(Badan Usaha Milik Negara), dan swasta, untuk me­nyediakan layanan mudik gratis bagi masyarakat.

Untuk bisa memanfaatkan layanan mudik gratis, khususnya dari Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, maka ada syarat yang harus dipenuhi bagi para peminat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.