BREAKING NEWS
 

Bom Astanaanyar

Pengamat: Kalau Ledakannya Berkali-kali, Biasanya Pelaku Sekeluarga

Reporter : KHOIRUL UMAM
Editor : UJANG SUNDA
Rabu, 7 Desember 2022 13:13 WIB
Pengamat terorisme Al Chaidar (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat terorisme Al Chaidar menduga, bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung, Rabu (7/12) dilakukan oleh satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Alasannya, ledakan bom tersebut tidak terjadi sekali, tapi ada dua kali.

"Ini kemungkinan adalah bom bunuh diri sekeluarga, yang biasanya hanya meledak sekali dan kemudian diikuti oleh ledakan kedua," kata Al-Chaidar kepada RM.id, Rabu (7/12). 

Adsense

Baca juga : KIB Prioritaskan Airlangga, Pengamat: Karier Dan Kinerjanya Cemerlang

Menurut Chaidar, bila pelaku sudah berkeluarga, biasanya akan ada teror lanjutan oleh pasangan atau anggota keluarga lainnya. "Kemungkinan diikuti berikutnya oleh perempuan kalau dia (pelaku) punya istri. Kalau identitasnya punya keluarga, punya istri, maka biasanya diikuti (teror) berurutan," lanjutnya. 

Dia menduga, keluarga tersebut merupakan kelompok ISIS yang terafiliasi dengan kelompok di Indonesia, yaitu Jamaah Ansharut Daulah (JAD). "Kalau bom bunuh diri biasanya memang yang ini dilakukan kelompok afiliasi ISIS," tambahnya.

Baca juga : Sidak Kantor Camat Dan Lurah, Heru Pastikan Aparatur Berikan Pelayanan Prima Ke Warga

Kelompok afiliasi ISIS, lanjut dia, biasanya melakukan serangan ke polisi. Di samping membawa bom, mereka juga membawa senjata tajam. "Itu seperti dilakukan dari rangkaian bom meledak minggu lalu di Pakistan dan Thailand, kemudian rangkaian ke Indonesia," jelasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense