BREAKING NEWS
 

Diperiksa KPK Soal Harta Kekayaan

Kepala Bea Cukai Makassar Pakai Cincin Pemberian Kiai

Reporter : BHAYU AJI PRIHARTANTO
Editor : RIFFMY
Rabu, 15 Maret 2023 07:30 WIB
Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono (tengah) usai menyampaikan klarifikasi soal perbedaan hartanya dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/3/2023). (Foto: Tedy Octariawan Kroen/RM).

 Sebelumnya 
Wahono diperiksa KPK karena namanya terseret dalam penyelidikan kekayaan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo.

Adsense

Wahono juga diperiksa seki­tar 7 jam. Begitu keluar Ge­dung KPK, Wahono bungkam. Mengenakan baju batik cokelat dengan masker hitam, Wahono terus menundukkan kepala. Sembari membawa goodie bag hijau, ia menerobos kerumunan peliput untuk masuk ke dalam mobilnya.

Belakangan ini KPK gencar memeriksa LHKPN sejumlah pejabat Kementerian Keuangan setelah terkuak gaya hidup me­wah keluarga Rafael.

Andhi tercatat melaporkan harta kekayaannya pada 16 Februari 2022. Dalam LHKPN, Ia terhitung punya harta senilai Rp 13.753.365.726 dan tak me­miliki utang.

Baca juga : Tanggapi Isu Gaya Mewah Putrinya, Kepala Bea Cukai Makassar: Lumrah, Dia Selebgram

Dia mempunyai 15 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Salatiga, Karimun, Batam, Bekasi, Jakarta Pusat, Bogor, Banyuasin, dan Cianjur. Nilai totalnya Rp 6.989.727.200.

Berikutnya, Andi sembilan mobil, yaitu sedan Fiat tahun 1974; Smart sedan tahun 2010; Toyota Corolla tahun 1966; Honda Brio tahun 2016; se­dan Ford tahun 1966; sedan Chevrolet tahun 1956; sedan Austin tahun 1963; dan Toyota Jeep tahun 2019.

Andhi juga mencatatkan kepemilikan empat motor yaitu Honda tahun 2006; Honda Beat tahun 2010; dan dua unit Piagio Vespa tahun 1962. To­tal nilai aset bergerak ini Rp 1.846.800.000.

Selanjutnya, Andhi mencatatkan kepemilikan harta bergerak lain senilai Rp 706.500.000; kas dan setara kas Rp 1.214.508.641.

Baca juga : Kepala Bea Cukai Makassar Ngaku Rumah Mewah Yang Viral Milik Ortunya

Sedangkan Wahono Saputro mencatatkan harta kekayaan Rp 14,3 miliar dalam LHKPN. Ia memiliki 10 bidang tanah dan bangunan. Tersebar di berbagai tempat. Nilai totalnya Rp 12,8 miliar.

Selain kepemilikan atas ta­nah, Wahono juga memiliki kendaraan yang dilaporkan ke LHKPN. Total nilai kendaraan yang didaftarkan senilai Rp 930 juta. Mulai dari mobil Toyota Camry, Honda CRV dan Honda HRV.

KPK menyebut Wahono me­miliki hubungan dengan Rafael. Istri Wahono dan istri Rafael berkongsi bisnis.

“Bahwa perusahaan yang dua ini, pemegang sahamnya selain istri RAT (Rafael Alun Trisambodo), ada lagi istri orang pajak. Kami sebut Wahono Sa­putro,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Kamis, 9 Maret 2023.

Baca juga : 7 Jam Diklarifikasi, Kepala Bea Cukai Makassar Ngerasa Difitnah

Berdasarkan foto yang bere­dar di media sosial, Wahono memiliki kedekatan dengan Ra­fael. Keduanya kerap melakukan pertemuan.

Wahono pernah diperiksa KPK sebagai saksi kasus suap pengurusan permasalahan pajak PT EK Prima Ekspor Indonesia.

Saat itu Wahono menjabat Kepala Bidang Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen, dan Penyi­dikan Ditjen Pajak Khusus.

Kasus itu menjerat mantan Kasubdit Bukti Permulaan Penegakan Hukum Ditjen Pajak, Handang Soekarno. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense