Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan Warung NKRI Ke-22 Di Semarang

Kepala BNPT Harap Mahasiswa Jadi Agen Perdamaian

Rabu, 8 Maret 2023 16:54 WIB
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. (Foto: Humas BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak para anak muda khsusnya mahasiswa di Semarang dapat berperan aktif menyebarkan narasi-narasi perdamaian dan menyebarkan wawasan kebangsaan dengan ideologi Pancasila dan meningkatkan rasa cinta kepada Indonesia.

"Terima kasih kepada warga kota Semarang, termasuk dari adik-adik mahasiswa. Kita berharap para mahasiswa bisa menjadi agen-agen perdamaian, agen-agen narasi kebangsaan, karena mereka adalah calon-calon pimpinan Indonesia di masa yang akan datang," ujar Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar. 

Hal itu disampaikan Boy Rafli saat meresmikan warung NKRI ke 22, di Burwow, Jl. Mulawarman Raya Semarang, Jawa Tengah, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (8/3)

Sebagai agen perdamaian mahasiswa diharapkan memiliki literasi digital agar tidak mudah dipengaruhi berita hoaks dan narasi-narasi kebencian.

Dia menyatakan, generasi muda saat ini adalah generasi digital yang terakses secara luas ke berbagai sumber informasi melalui media sosial media, yang seringkali disalahgunakan segelintir oknum dalam menyebarkan narasi berbasis ideologi intoleransi radikal terorisme.

Baca juga : Mentan Bareng Bupati Kediri Tanam Kelapa Genjah Dan Ternak Kambing

Mereka banyak menggunakan narasi-narasi yang bersifat menyalahgunakan nilai agama, anti keberagaman, anti kepada kemanusiaan dan menghalalkan kekerasan.

"Literasi digital terus dijalankan semua pihak, tentu bukan hanya oleh pemerintah saja, tetapi dari masyarakat untuk membangun kekuatan masyarakat. Agar kita tidak rentan, agar kita tidak mudah dipengaruhi oleh informasi-informasi yang bersifat hoaks, bernada kebencian terhadap kelompok, agama, entitas tertentu dan negara," ungkap Boy Rafli.

Peraih gelar doktoral ilmu komunikasi Universitas Padjajaran ini mengingatkan, generasi muda harus selalu waspada.

Sebab, kelompok-kelompok pengusung ideologi terorisme ingin memecah belah anak bangsa dan menciptakan disintegrasi sosial.

Hadirnya Warung NKRI ke-22 ini, menjadi salah satu upaya BNPT dalam meningkatkan narasi-narasi kebangsaan, untuk meningkatkan pemahaman generasi muda akan bahayanya ideologi intoleran radikal terorisme.

Baca juga : Prabowo Yakin Indonesia Jadi Jangkar Perdamaian

Adanya program-program Warung NKRI dapat mengangkat narasi-narasi kebangsaan, dengan menghadirkan para tokoh-tokoh yang relevan, yang memiliki pemahaman kebangsaan yang dapat menjadi masukan dan inspirasi anak-anak muda.

"Karena kita tidak ingin inspirasi anak-anak muda kita berdasarkan narasi-narasi, yang berbasis kebencian, yaitu ideologi intoleran radikal terorisme," tutur Boy Rafli.

Mendukung kegiatan yang dilaksanakan BNPT, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Jawa Tengah, Haerudin menyampaikan, Provinsi Jawa Tengah siap mendukung semua kegiatan program-program deradikalisasi dan kontra radikalisme yang ada di Jawa Tengah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur nomor 35 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah kepada Terorisme.

"Kami Mendukung dan selalu bekerja sama dengan BNPT yang memiliki kegiatan di Jawa Tengah. Di Kesbangpol Kami juga punya Call Center pencegahan dan penanggulangan terorisme. Sekaligus saya sampaikan kepada adik-adik mahasiswa yang hadir, yang terkait dengan permasalahan radikalisme maupun terorisme, kami siap untuk bekerja sama," jelasnya.

Baca juga : Airlangga Target Raup Devisa Ratusan Triliun

Sebagai informasi, 22 Warung NKRI telah tersebar di 10 provinsi Indonesia. Warung NKRI yang merupakan akronim dari Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI merupakan program BNPT.

Hal ini menjadi bagian dalam edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan dini dan meningkatkan kecintaan pada bangsa. Ini merupakan wujud nyata BNPT dalam melakukan pencegahan dini tindak pidana terorisme. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.