BREAKING NEWS
 

PBNU: Idul Fitri Jatuh Hari Minggu 24 Mei 2020

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : WAHYU SURYANI
Jumat, 22 Mei 2020 19:04 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu (24/5).

“Awal bulan Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad (Minggu) tanggal 24 Mei tahun 2020,” ujar Said Aqil melalui rekaman yang diterima, Jumat sore (22/5).

Baca juga : 237 Warga Pakistan Tinggalkan Indonesia

Diketahui, hingga kini berlangsung Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1441 Hijriah di Kantor Kementerian Agama dan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Adsense

Sejauh ini, berdasarkan pakar astronomi dari Tim Falakiyah Kementerian Agam, Cecep Nurwendaya, tidak ada kenampakan hilal awal Syawal 1441 Hijriah di seluruh wilayah Indonesia pada Jumat petang.

Baca juga : Ini Panduan Shalat Idul Fitri di Rumah dari PBNU

Kementerian Agama melalui Tim Falakiyah telah mengamati hilal di 80 titik wilayah Indonesia. 

“Seluruh wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif antara minus 5,29 sampai dengan minus 3,96 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari," kata Cecep melalui siaran langsung YouTube Kemenag RI saat memaparkan posisi hilal.

Baca juga : PBNU: Shalat Idul Fitri di Rumah Saja Demi Hindari Bahaya

Seperti diketahui, penetapan awal bulan Hijriah ditentukan hisab dan rukyat. Proses hisab sudah dilakukan oleh hampir semua ormas Islam. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense