BREAKING NEWS
 

Kasus Suap Penyaluran Bansos Covid

Datang Ke KPK, Pejabat Kemensos Balikin Amplop

Reporter & Editor :
APRIANTO
Rabu, 27 Januari 2021 06:50 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri. (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) diduga menerima duit dari penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.

Di antaranya, Direktur Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial Pepen Nazarudin dan Direktur Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif, Victorious Saut Hamonangan Siahaan.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Bidang Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri membenarkan hal itu. “Kalau dugaan terima (uang), iya,” katanya.

Baca juga : KPK Panggil Direktur PTPN X Aris Toharisman

Namun Ali belum bisa memastikan apakah para pejabat itu bakal menyusul ditetapkan sebagai tersangka. Namun ia menandaskan, semua pihak yang terlibat bakal diusut. “Sepanjang ditemukan setidaknya dua bukti permulaan yang cukup,” katanya.

Sebelumnya, penyidik KPK telah menggeledah rumah Pepen di Kota Bekasi, Jawa Barat. Menurut Ali, penggeledahan ini untuk mengumpulkan alat bukti. Namun ia tak mengungkapkan barang bukti yang dicari dalam penggeledahan ini.

Sementara Victorious Saut Hamonangan Siahaan datang ke Gedung Merah Putih KPK kemarin. Padahal, namanya tidak tercantum dalam daftar saksi yang dipanggil penyidik.

Baca juga : KPK Usut Para Pejabat Yang Kecipratan Duit Suap

Mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan Bansos ini tampak membawa amplop cokelat. Menurut Victor, amplop ini hendak diserahkan ke KPK. Namun ia tak menyebut isinya.

Pada Senin lalu (25/1), dia dijadwalkan menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk perkara tersangka Adi Wahyono, PPK Kemensos. “Victorious Saut HS dikonfirmasi terkait proses pengusulan anggaran dan teknis pengadaan Bansos di wilayah Jabodetabek tahun 2020,” kata Ali.

Bersamaan, penyidik juga memeriksa Nuzulia Hamzah Nasution. Dia merupakan broker PT Tiga Pilar Agro Utama atau TIGRA, vendor yang ditunjuk menyediakan paket sembako Bansos.

Adsense

Baca juga : Poknas Sebut Penyaluran BST Corona DKI Berbelit belit

Nuzulia pernah diperiksa pada 28 Desember 2020. Saat itu, penyidik mendalami pengetahuannya mengenai proses dan pelaksanaan pengadaan paket Bansos di Kemensos untuk wilayah Jabodetabek.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense